PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

YUNILISTYA RAMAWATI, 126204211079 and AMALIA ITSNA YUNITA, 1988061220252122017 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (725kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Hasil Belajar pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung”, ini ditulis oleh Yunilistya Ramawati, NIM 126204211079, yang dibimbing oleh Ibu Amalia Itsna Yunita, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Hasil Belajar, Fungsi Kuadrat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang masih kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar terutama dalam mata pembelajaran matematika. Kesulitan ini tidak hanya berdampak pada rendahnya pemahaman konsep matematis siswa, tetapi juga mempengaruhi hasil belajar siswa secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan di sekolah belum efektif. Untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa, guru perlu memilih model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dengan guru berperan sebagai fasilitator. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah guided discovery learning, di mana siswa dibimbing untuk menemukan sendiri konsep daru materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap: (1) pemahaman konsep matematis siswa, (2) hasil belajar siswa, dan (3) pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis quasi experimental. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kelas X-2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t dan uji manova dengan berbantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap (1) pemahaman konsep matematis siswa ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,044 < 0,05 dan rata-rata N-gain Score pada kelas eksperimen sebesar 51,66 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 26.35 (kategori rendah), (2) hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dan rata-rata N-gain Score pada kelas eksperimen sebesar 70,60 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 55.25 (kategori rendah), dan (3) pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai signifikan pada Pillai’as Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root keseluruhan sebesar 0,014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211079 YUNILISTYA RAMAWATI
Date Deposited: 16 Oct 2025 06:32
Last Modified: 16 Oct 2025 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63254

Actions (login required)

View Item View Item