HOSMIATUL BADRIYAH, 126212202053 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 8E BERBANTUAN APLIKASI EDPUZZLE PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penerapan model pembelajaran yang berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Bahan ajar yang kurang menarik membuat siswa kesulitan untuk belajar secara mandiri. Terutama bahan ajar LKS yang cenderung lebih banyak tulisan membuat siswa cukup bosan untuk membaca materi tersebut. Model pembelajaran learning cycle 8E merupakan model pembelajaran yang menarik, dikarenakan melalui delapan kegiatan yang saling berkesinambungan dan membuat siswa menjadi aktif. Selain itu, aplikasi Edpuzzle menjadikan siswa lebih paham karena materi dijelaskan dengan video bergambar. Maka, diperlukan pengembangan bahan ajar dalam format elektronik seperti e-modul sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa, serta memahami konsep materi hidrolisis garam secara utuh melalui sintaks-sintaks learning cycle 8E. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan e-modul berbasis learning cycle 8E berbantuan aplikasi edpuzzle pada materi hidrolisis garam untuk siswa kelas XI SMA/MA, 2) mengetahui validitas e-modul, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap emodul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D), dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan pengembangan produk dan karakteristik peserta didik, lembar validasi untuk mengetahui validitas produk, dan angket peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Uji validitas berdasarkan penilaian 1 dosen Tadris Kimia dan 1 guru kimia SMAN 1 Tulungagung sebagai ahli materi, ahli media. Sementara uji respon peserta didik dilakukan secara terbatas dengan melibatkan 25 peserta didik kelas XII SMAN 1 Tulungagung. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Produk yang dikembangkan berupa E modul berbasis berbasis learning cycle 8E berbantuan aplikasi edpuzzle pada materi hidrolisis garam untuk Kelas XI SMA/MA dilakukan dengan menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi 3D, 2) E-Modul yang dikembangkan mendapat nilai validitas sebesar 90,4% dari para ahli materi dengan kategori “valid” dan dari para ahli media sebesar 90,6% dengan kategori “valid”, dengan kategori layak dari ahli media dan ahli materi, 3) adapun respon espon peserta didik secara keseluruhan mendapatkan skor presentase rata-rata sebesar 84,4% dengan kategori “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa produk Emodul yang dikembangkan dinilai layak oleh validator dan dinilai sangat baik oleh peserta didik sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Kimia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | 126212202053 HOSMIATUL BADRIYAH |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 06:40 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 06:40 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
