STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN MATERI P5 TEMA KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

BILQIS BILBINA, 126209212091 and YUDI KRISNO WICAKSONO, 199104252019031021 (2025) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN MATERI P5 TEMA KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (379kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI..pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)

Abstract

Skripsi dengan judul ―Strategi Guru Dalam Menerapkan Materi P5 Tema Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Kalidawir ini ditulis oleh Bilqis Bilbina, NIM. 126209212091, Pembimbing Dr. Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci : Strategi Guru, Materi P5, Kearifan Lokal, Sosiologi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembentukan karakter siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), khususnya pada tema kearifan lokal. Berdasarkan hasil pra-penelitian, ditemukan bahwa sebelum diterapkannya P5, pemahaman siswa terhadap isu-isu sosial seperti perundungan, diskriminasi, dan perbedaan masih rendah. Hal ini mendorong perlunya strategi pembelajaran yang tepat untuk membentuk karakter dan meningkatkan pemahaman sosial siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menerapkan materi P5 tema kearifan lokal pada pembelajaran Sosiologi di kelas X SMAN 1 Kalidawir? (2) Bagaimana dampak dari strategi yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran tersebut? (3) Apa sajatantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran tersebut? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi yang digunakan guru, dampaknya terhadap siswa, serta tantangan dalam penerapan materi P5 tema kearifan lokal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru menerapkan strategi pembelajaran berbasis proyek, kolaboratif, dan kontekstual yang melibatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. (2) Strategi ini berdampak positif pada pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya lokal dan menumbuhkan sikap toleransi serta kepedulian sosial. (3) Tantangan yang dihadapi guru meliputi keterbatasan waktu, kurangnya motivasi sebagian siswa, serta kendala sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Meskipun demikian, guru berupaya mengatasi tantangan tersebut melalui kolaborasi, inovasi pembelajaran, dan pendekatan yang humanis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209212091 BILQIS BILBINA
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:56
Last Modified: 20 Oct 2025 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63298

Actions (login required)

View Item View Item