SHAHRUL NIZAM, 126209211049 and HENDRA PRATAMA, 198508142023211013 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MELALUI FOTOGRAFI CANDI MIRIGAMBAR BERBASIS BLOGGER MTS ASWAJA TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER..pdf Download (415kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (692kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (390kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (417kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (392kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Melalui Fotografi Candi Mirigambar Berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri" Ini ditulis oleh Shahrul Nizam, NIM. 126209211049, Pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. NIP. 198508142023211013. Kata Kunci: Pembelajaran Time Token, Project Based Learning, Fotografi Blogger Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan siswa yang ketika pembelajaran kurang semangat dan cenderung pasif. Siswa menganggap pelajaran IPS membosankan dan sulit sehingga kreativitas siswa rendah. Kreativitas siswa yang rendah mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Upaya yang dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik salah satunya dengan pembelajaran Project Based Learning. Pembelajaran Project Based Learning menjadikan siswa aktif dan lebih semangat sehingga kreativitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh pembelajaran Project-Based Learning terhadap hasil siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri? (2) Bagaimana pengaruh pembelajaran Project-Based Learning terhadap kreativitas siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri? (2) Bagaimana pengaruh pembelajaran Project-Based Learning terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project-Based Learning terhadap hasil siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri? (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project-Based Learning terhadap kreativitas siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri? (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project-Based Learning terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas IX MTS Aswaja Tunggangri. Sampel penelitian ini 20 siswa kelas kontrol dan 20 siswa kelas ekperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kreativitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel T-Test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Project-Based Learning berpengaruh terhadap hasil siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Pembelajaran Project-Based Learning berpengaruh terhadap kreativitas siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Pembelajaran Project-Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa melalui fotografi Candi Mirigambar berbasis Blogger MTS Aswaja Tunggangri. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
| Depositing User: | 126209211049 SHAHRUL NIZAM |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:00 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:00 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
