WAIFATUL LAYLIYAH, 126207212108 and DIKA PUTRI RAHAYU, 2022129101 (2025) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (529kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (524kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 1 Tulungagung” ditulis oleh Waifatul Layliyah, NIM 126207212108 tahun 2025, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Dika Putri Rahayu., M.Pd. Kata Kunci : Peserta Didik, Bakat dan Minat, Kegiatan Ekstrakurikuler Pengembangan bakat dan minat peserta didik merupakan komponen penting dalam proses pendidikan. Hal ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi dan bakat minat yang dimiliki oleh peserta didik. Untuk mengembangkan bakat minat tersebut, di perlukan wadah yang efektif agar bakat dan minat peserta didik dapat tersalurkan dengan baik. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu wadah yang dapat mendukung pengembangan bakat dan minat tersebut. Madrasah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wadah untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minatnya secara optimal, yang mana dalam pelaksanaannya di dukung oleh pengelolaan manajemen yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan perencanaan peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, 2) mendeskripsikan pelaksanaan peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, 3) mendeskripsikan evaluasi peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler sudah dilakukan dengan baik dan terstruktur mulai dari rapat awal tahun ajaran baru, rekrutmen, seleksi, dan penempatan peserta didik, (2) Pelaksanaan peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dan program yang di susun dan sepakati bersama, (3) Evaluasi peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat melalui kegiatan ekstrakurikuler di tinjau dari partisipasi aktif peserta didik saat mengikuti ekstrakurikuler baik dalam latihan rutin, ajang perlombaan, prestasi, penerapan ilmu, dan keterampilan yang di peroleh peserta didik selama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207212108 WAIFATUL LAYLIYAH |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:37 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:37 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
