STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK DI MIN 11 BLITAR

SALSA WULAN MUALIFAH, 126205212176 and IMAM JUNARIS, 196902052003121005 (2025) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Moral pada Peserta Didik di MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Salsa Wulan Mualifah, NIM 126205212176, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Bapak Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. NIP. 196902052003121005 Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Moral, Kejujuran, Toleransi, Tanggung Jawab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada peserta didik sejak dini, khususnya pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Sekolah bukan hanya sebagai tempat mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai tempat membentuk karakter dan kepribadian anak. Namun, dalam praktiknya masih dijumpai berbagai perilaku menyimpang di lingkungan sekolah yang mencerminkan lemahnya nilai moral seperti kejujuran, toleransi, dan tanggung jawab. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat dari guru untuk menanamkan nilai-nilai moral tersebut kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) strategi guru dalam menanamkan nilai moral kejujuran pada peserta didik di MIN 11 Blitar (2) strategi guru dalam menanamkan nilai moral toleransi pada peserta didik di MIN 11 Blitar dan (3) strategi guru dalam menanamkan nilai moral tanggung jawab pada peserta didik di MIN 11 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MIN 11 Blitar dengan subjek penelitian guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam menanamkan nilai moral kejujuran dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, pemberian cerita keteladanan, evaluasi mandiri, dan pemanfaatan fasilitas Gerobak Literasi yang menanamkan kejujuran dalam situasi tanpa pengawasan langsung (2) Strategi guru dalam menanamkan nilai moral toleransi dilakukan melalui kegiatan keagamaan bersama, pembelajaran nilai moderasi beragama, pemanfaatan media visual, keteladanan guru dalam menghargai perbedaan, dan kegiatan proyek kolaboratif seperti P5RA (3) Strategi guru dalam menanamkan nilai moral tanggung jawab dilakukan melalui kegiatan rutin seperti pengisian buku kendali, piket kebersihan, penugasan bermakna, serta keteladanan guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Strategi-strategi tersebut dijalankan secara berkelanjutan dan menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Dengan demikian, strategi yang diterapkan guru di MIN 11 Blitar telah membentuk landasan yang kuat dalam membangun karakter nilai moral peserta didik, khususnya dalam hal kejujuran, toleransi, dan tanggung jawab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212176 SALSA WULAN MUALIFAH
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:47
Last Modified: 20 Oct 2025 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63331

Actions (login required)

View Item View Item