KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KOMPETITIF SISWA DI MTSN 5 TULUNGAGUNG

INDRIYANI, 126201211033 and ABDULLAH CHAKIM, 197301071998031003 (2025) KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAQ DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KOMPETITIF SISWA DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (365kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Akidah Akhlaq Dalam Meningkatkan Karakter Kompetitif Siswa di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Indriyani, NIM.126201211033, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Abdullah Chakim, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Kretivitas, guru akidah akhlaq, karater kompetitif siswa. Penghapusan Ujian Nasional (UN) dan sistem peringkat dalam kebijakan Merdeka Belajar bertujuan memberikan keleluasaan bagi guru serta menghargai keunikan peserta didik, namun kebijakan ini juga menimbulkan dampak negatif berupa menurunnya semangat belajar, motivasi berprestasi, dan daya saing siswa yang berpotensi melemahkan kualitas pendidikan. Kreativitas guru berperan besar dalam meningkatkan motivasi dan daya saing siswa, sehingga diperlukan penelitian untuk mengkaji sejauh mana kreativitas guru dalam pembelajaran dapat memengaruhi kemampuan kompetitif siswa. Tujuan penelitian ini : 1) Bagaimana ide dan tindakan kreatif guru aqidah akhlaq dalam meningkatkan karakter kompetitif siswa di MTsN 5 Tulungagung? 2) Bagaimana dampak ide dan tindakan kreatif guru aqidah akhlaq terhadap karakter kompetitif siswa di MTsN 5 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian berada di MTsN 5 Tulungagung, tepatnya di Pulosari, Ngunut, Tulungagung, yang dipilih karena unggul dalam bidang akademik dan teknologi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber (guru dan siswa) serta triangulasi metode. Analisis data menggunakan Analisis data menggunakan kondensasi, penyajian, dan penarikan Kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Guru di MTsN 5 Tulungagung berperan aktif dan kreatif dalam meningkatkan karakter kompetitif siswa melalui dua pendekatan utama. Tulungagung membentuk karakter kompetitif dan kreatif siswa melalui strategi pembelajaran yang mendorong orisinalitas dan rasa ingin tahu. Mereka menanamkan mental juara dengan kisah inspiratif, penghargaan, dan ruang ekspresi. Pendekatan ini menumbuhkan semangat belajar sepanjang hayat dan kesiapan bersaing secara sportif. 2) Dampak ide dan Tindakan guru terhadap karakter kompetitif siswa di MTsN 5 Tulungagung membentuk karakter kompetitif siswa melalui rasa percaya diri, ambisi, dan semangat tinggi. Mereka menggunakan proyek, lomba, dan simulasi untuk memicu semangat bersaing yang sehat dan mandiri. Nilai kejujuran dan sportivitas ditanamkan untuk membentuk integritas dalam berkompetisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211033 INDRIYANI
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:54
Last Modified: 20 Oct 2025 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63342

Actions (login required)

View Item View Item