FIKRI MIFTAHUL FAIZIN, 126201211023 and ABD. AZIZ, 197206012000031002 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH PADA SISWA DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (860kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skirpsi dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih pada Siswa di MTsN 1 Blitar ini ditulis oleh Fikri Miftahul Faizin, NIM. 126201211023, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Pemahaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menerapkan model pembelajaran yang sesuai guna meningkatkan dan memaksimalkan pemahaman fikih pada siswa. model pembelajaran discovery learning merupakan sebuah model pembelajaran yang dapat memaksimalkan seluruh kemampuan peserta didik. karena pada prakteknya terdapat langkah-langkah yang dapat membuat peserta didik aktif untuk berpikir kritis dan terlibat dalam proses pembelajaran. Sehingga membuat mereka dapat membuat konstruk pengetahuan yang lebih kompleks dan mampu menerapkannya secara maksimal. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Penerapan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran fikih di MTsN 1 Blitar. (2) Penyebab Model Pembelajaran Discovery Learning Dapat Meningkatkan Pemahaman Fikih pada Siswa di MTsN 1 Blitar. (3) Dampak dari Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fikih di MTsN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 yaitu: (1) Sumber data langsung (primer) yaitu melalui observasi dan wawancara langsung dengan subjek yang diteliti, (2) Sumber data tambahan (sekunder) yakni berupa sumber data tertulis seperti halnya kajian teori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data yaitu dengan perpanjangan waktu, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning diantaranya yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. (2) Penyebab model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan pemahaman fikih pada siswa yaitu karena pada prakteknya peserta didik di arahkan untuk senantiasa berpikir kritis dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran guna memperoleh konsep pemahaman yang lebih kompleks. (3) Dampak dari penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam meningkat pemahaman fikih pada siswa yaitu siswa lebih tertarik pada pembelajaran dan dapat lebih mudah mencerna materi karena keterlibatan aktif mereka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201211023 FIKRI MIFTAHUL FAIZIN |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:28 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |