NADYA MAULA, 126401213126 and LABIB MUZAKI SHOBIR, 198004162025211003 (2025) IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE (TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG KEPANJEN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (835kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (644kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan industri perbankan syariah yang semakin kompetitif menjadikan bank syariah harus menjaga kualitas tata kelola agar mempengaruhi tingkat kinerja pegawai secara optimal. Namun, dalam pengimplementasiannya masih belum sepenuhnya efektif karena adanya kendala – kendala yang mempengaruhi motivasi kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Implementasi transparansi dalam good corporate governance dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Bank Muamalat KC Kepanjen; (2) Implementasi akuntabilitas dalam good corporate governance dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Bank Muamalat KC Kepanjen; (3) Implementasi responbilitas dalam good corporate governance dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Bank Muamalat KC Kepanjen; (4) Implementasi independensi dalam good corporate governance dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Bank Muamalat KC Kepanjen; (5) Implementasi kesetaraan dan kewajaran dalam good corporate governance dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Bank Muamalat KC Kepanjen. Penelitin ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik mengolah data menggunaakan NVivo12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Prinsip transparansi telah diterapkan melalui penyampaian informasi kerja dan kebijakan secara terbuka, namun terdapat kekurangan dalam penyampaian informasi terkait promosi dan penghargaan pegawai dalam meningkatkan kinerja pegawai di Bank Muamalat KC Kepanjen; (2) Prinsip akuntabilitas diterapkan melalui sistem pelaporan dan evaluasi kerja, namun atasan kurang melibatkan umpan balik dari bawahan secara aktif dalam meningkatkan kinerja pegawai di Bank Muamalat KC Kepanjen; (3) Prinsip responbilitas menunjukkan bahwa pegawai memiliki tanggung jawab yang tinggi, namun masih terdapat tantangan terkait beban kerja dan keterbatasan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Bank Muamalat KC Kepanjen; (4) Prinsip independensi diterapkan pada kegiatan operasional, namun terdapat intervensi dari struktur pusat yang membatasi kemandirian pengambilan keputusan di tingkat cabang dalam meningkatkan kinerja pegawai di Bank Muamalat KC Kepanjen; (5) Prinsip kesetaraan dan kewajaran telah diterapkan, namun terdapat kendala keadilan distribusi kesempatan karir, insentif dan pelatihan antar unit kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai di Bank Muamalat KC Kepanjen.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Nasabah Ekonomi > Perbankan Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | 126401213126 NADYA MAULA |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 06:46 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 06:46 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
