PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PENDISTRIBUSIAN KEMBALI PENDAPATAN NASIONAL KELAS VIII DI MTSN 2 NGANJUK

SEPTIA NI'MATUL LAILIYAH, 126209201031 and HENDRA PRATAMA, 198508142023211013 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PENDISTRIBUSIAN KEMBALI PENDAPATAN NASIONAL KELAS VIII DI MTSN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Pendistribusian Kembali Pendapatan Nasional Kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk” ditulis oleh Septia Ni’matul Lailiyah, NIM 126209201031. Pembimbing Hendra Pratama, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Pendistribusian Kembali Pendapatan Nasional Penelitian ini dilatar belakangi oleh Materi pendistribusian kembali pendapatan nasional dalam pembelajaran IPS kelas VIII yang seringkali sulit dipahami siswa karena penyampaiannya masih bersifat abstrak dan minim visualisasi. Guru juga mengalami hambatan dalam membuat media pembelajaran yang inovatif, sementara buku ajar yang tersedia kurang mendukung secara ilustratif. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan media video pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangannya, mengukur validitas media yang dihasilkan, serta mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTsN 2 Nganjuk. Media pembelajaran yang memiliki peran penting sebagai sarana bantu untuk mempermudah dan memperjelas pemahaman materi. Salah satu bentuk media yang terus berkembang adalah video pembelajaran, yang mampu menyampaikan konsep dan prosedur secara konkret serta meningkatkan motivasi dan daya ingat peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana langkah langkah pengembangan media video pembelajaran materi pendistribusian kembali pendapatan nasional kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk? (2) bagaimana tingkat validitas pengembangan media video pembelajaran materi pendistribusian kembali pendapatan nasional kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk? (3) bagaimana efektifivitas pengembangan media video pembelajaran materi pendistribusian kembali pendapatan nasional kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk?. Adapun tujuan penelitian ini untuk, (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media video pembelajaran materi pendistribusian kembali pendapatan nasional kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk, (2) mengetahui tingkat validitas pengembangan media video pembelajaran materi pendistribusian kembali pendapatan nasional kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media video pembelajaran materi pendistribusian kembali pendapatan nasional kelas VIII di MTsN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan sepuluh Langkah pengembangan Borg and Gall untuk mengetahui tingkat kevalidan penggunaan video pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 MTsN 2 Nganjuk dengan jumlah 30 siswa. Hasil uji validitas menunjukkan presentase sebesar 92% oleh ahli materi, 89% ahli media, 82% ahli bahasa, 98% oleh guru IPS. Sementara itu, uji efektivitas produk menggunakan Uji T (Paired Sample T Test) yang menunjukkan signifikansi sebesar 0,001, yang mnurut kriteria uji menunjukkan nilai yang lebih rendah dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif diterima, yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran mengenai redistribusi pendapatan nasional kelas VIII terbukti valid menurut para ahli dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201031 SEPTIA NI'MATUL LAILIYAH
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:10
Last Modified: 21 Oct 2025 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63390

Actions (login required)

View Item View Item