ANALISIS PROGRAM INOVASI LAYANAN BERCERITA CILEN READ ALOUD SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KEGEMARAN MEMBACA PADA MASYARAKAT DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN TRENGGALEK

SILFI SEPTIA NINGSIH, 126310213075 and NURUL SETYAWATI HANDAYANI, 2013099201 (2025) ANALISIS PROGRAM INOVASI LAYANAN BERCERITA CILEN READ ALOUD SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KEGEMARAN MEMBACA PADA MASYARAKAT DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (758kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya minat atau kegemaran membaca pada masyarakat terutama saat pandemi covid kemarin. Hal inilah yang membuat pihak perpustakaan harus menerapkan inovasi baru untuk menumbuhkan minat atau kegemaran membaca masyarakat secara menyeluruh. Salah satunya yaitu melalui inovasi layanan bercerita Cilen Read Aloud yang memanfaatkan media sosial sebagai medianya. Dalam pelaksanaan program inovasi Cilen Read Aloud tentunya terdapat tahapan-tahapan dan kendala yang harus diperhatikan, sehingga dapat menarik minat masyarakat terhadap inovasi tersebut dan akhirnya mampu menumbuhkan kegemaran membaca pada masyarakat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan dan kendala dalam program inovasi layanan bercerita Cilen Read Aloud. Dalam penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara dengan teknik semi terstruktur yang dilakukan dengan tiga pustakawan dibagian pengembangan minat dan baca serta dua penonton program Cilen Read Aloud, dan dokumentasi dari pelaksanaan program inovasi Cilen Read Aloud. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teori dari Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program inovasi layanan bercerita Cilen Read Aloud dilakukan melalui tiga tahapan yaitu persiapan sebelum storytelling meliputi pemilihan judul buku, lalu saat storytelling berlangsung meliputi menyapa para penonton terlebih dahulu dan dilanjut bercerita (storytelling) dengan memperhatikan kontak mata, mimik wajah, gerak tubuh, suara, kecepatan, dan alat peraga. Kemudian setelah kegiatan storytelling meliputi pembacaan pesan moral, informasi tentang perpustakaan, dan penutup. Selain itu, terdapat beberapa kendala meliputi kurangnya sumber daya manusia dibagian pengeditan, masih minimnya fasilitas pendukung seperti boneka dan ruang khusus, serta kondisi jaringan yang kurang memadai. Dari penelitian ini dapat disimpulkan jika untuk menumbuhkan kegemaran membaca pada masyarakat dapat dilakukan dengan melakukan sebuah inovasi atau trobosan baru, salah satunya yaitu program inovasi Cilen Read Aloud. Meskipun terdapat beberapa kendala dan faktor yang kurang maksimal, namun pihak perpustakaan dapat memberikan solusi yang membuat program ini juga berjalan cukup maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310213075 SILFI SEPTIA NINGSIH
Date Deposited: 21 Oct 2025 06:37
Last Modified: 21 Oct 2025 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63403

Actions (login required)

View Item View Item