SITI ROUDHOTUL KHASANAH, 2817133186 (2017) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 MI MIFTAHUNNAJAH TEGALREJO SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung) Peserta Didik Kelas 1 MI Miftahunnajah Tegalrejo Selopuro Blitar” ini ditulis oleh Siti Roudhotul Khasanah, NIM. 2817133186, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Anin Nurhayati M.Pd.I Kata Kunci: Guru, Kesulitan Belajar, Calistung, Peserta Didik Membaca, menulis, dan berhitung merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Kemampuan membaca kemudian menulis dan ketika seseorang telah bisa membaca dan menulis disusul dengan kemampuan berhitung, ketiga unsur ini sangat penting dikuasai. Peserta didik usia 6-7 tahun mereka baru saja masuk pendidikan dasar , pada PAUD , taman kanak-kanak kebanyakan belum menguasai tentang belajar membaca, menulis dan berhitung. Ketika mereka masuk kelas 1 mereka dihadapkan pada mata pelajaran yang menuntut kemampuan mereka dalam membaca, menulis, dan berhitung. Dalam proses belajar mengajar di sekolah, setiap guru senantiasa mengharapkan agar peserta didiknya dapat mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Pada kenyataannya dalam proses pembelajaran, guru seringkali menghadapi peserta didik yang tidak dapat mengikuti pelajaran dengan lancar. Selain disebabkan kebribadian peserta didik tentunya ada kaitannya terhadap orang tua peserta didik, profesionalitas guru dan kualitas lembaga pendidikan yang menjadi tempat mereka mendapatkan pendidikan formalitas. Untuk itu guru perlu melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar calistung tersebut. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung peserta didik kelas 1 MI Miftahunnajah Tegalrejo Selopuro Blitar?. 2) Apa hal-hal yang mendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung peserta didik kelas 1 MI Miftahunnajah Tegalrejo Selopuro Blitar?. 3) Apa hal-hal yang menghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung peserta didik kelas 1 MI Miftahunnajah Tegalrejo Selopuro Blitar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung, hal-hal yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan skunder, sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru kelas 1, peserta didik, dan orang tua, sedangkan sumber data skunder yaitu dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara melakukan dialog secara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan perpanjangan pengamatan dan analisis data yang digunakan yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verivikasi (Kesimpulan). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung ialah dengan membuat program-program yang berkaitan dengan mengatasi kesulitan belajar, mengenali gejala dengan cermat terhadap fenomena yang menunjukkan adanya kesulitan belajar, menggunakan strategi khusus untuk peserta didik berkesulitan calistung, menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan kondusif, pemberian reward atau hadiah, penguatan verbal dan non verbal. (2) Hal-hal yang mendukung yaitu motivasi orang tua, ketlatenan, kesabaran, dan motivasi yang diberikan guru, kepala madrasah yang mendukung sepenuhnya upaya yang dilakukan guru, suasana kelas yang menyenangkan, kondisi anak yang stabil/bisa dikendalikan, tingkat konsentrasi anak yang baik, tingkat kecerdasan yang tinggi, media pembelajaran, metode pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai. (3) Sedangkan hal-hal yang menghambat guru yaitu kondisi peserta didik yang kurang baik karena capek pada jam siang, tingkat kecerdasan sebagian anak yang di bawah standart, kurangnya motivasi orang tua, kurang aktifnya peserta didik di kelas, pengaruh tayangan televisi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133186 SITI ROUDHOTUL KHASANAH |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 07:07 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6342 |
Actions (login required)
View Item |