EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PRESTASI SISWA KELAS X DI SMK VETERAN 1 TULUNGAGUNG

WISNU AGUNG NUGROHO, 126306211044 and SRI AJENG KUSUMANINGRUM, 199212311992122145 (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PRESTASI SISWA KELAS X DI SMK VETERAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (766kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan teknik role play untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya gejala yang dihadapi oleh siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung. yang mana siswa kelas X mengalami beberapa gejala seperti kecenderungan menghindari tugas yang menantang, cenderung lebih cepat menyerah ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan, kurangnya aktif pada pembelajaran baik formal maupun ekstrakulikuler. Hal ini lebih banyak dialami daripada kelas XI dan XII. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat eksperimen dengan menerapkan One Group Pretest-Postest Design. Sampel dari penelitian ini adalah 15 siswa yang kategori motivasi berprestasi rendah yang dipilih melalui teknik purposive sampling. penggunaan instrumen menggunakan skala motivasi berprestasi dengan indikator choice, Persistence dan effort dengan tujuan mengukur subuah perbandingan sebelum dan sesudah intervensi. Penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play untuk dijadikan intervensi, yang mana kegiatan ini menjadi faktor penting dalam meningkatkan motivasi berprestasi. hasil setelah intervensi menunjukan bahwa siswa cenderung aktif dalam mengikuti pembelajaran, memilih kegiatan yang produktif sesuai dengan minat dan keterampian, menunjukan ketahanan diri ketika dihadapkan dengan tugas dan memiliki usaha baik secara kognitif maupun fisik. hal ini diperkuat dengan hasil analisis melalui uji alternatif yaitu uji Wilcoxon Signed Randk Test. Dari hasil uji tersebut menunjukan bahwa nilai sig <0,017 dan N-Gain pada Ngain_Skor mendapatkan 0,7118 yang berarti memiliki kategori tinggi. Sedangkan, pada Ngain_persentase mendapatkan 106,0636 yang berarti efektif.. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role play mampu meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306211044 WISNU AGUNG NUGROHO
Date Deposited: 22 Oct 2025 08:02
Last Modified: 22 Oct 2025 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63439

Actions (login required)

View Item View Item