DINA ARUM MAGHFIROH, 126304202074 (2024) KOMUNIKASI DAKWAH NING SHEILA HASINA PADA AKUN YOUTUBE LIM PRODUCTION DALAM PEMAHAMAN FIQIH WANITA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (968kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (326kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
Abstract
Dina Arum Maghfiroh, 2024. Komunikasi Dakwah Ning Sheila Hasina Pada Akun Youtube Lim Production Dalam Pemahaman Fiqih Wanita. Dosen Pembimbing Clara Sinta Pratiwi, M. Sos. Kata Kunci: YouTube, Dakwah, Fiqih wanita. Munculnya berbagai konten pada media sosial memberikan kontribusi pada perkembangan dunia teknologi komunikasi, salah satunya ialah podcast YouTube LIM Production yang menjadi media dalam menyampaikan dakwah. Segmen Fiqih Wanita ft. Ning Sheila Hasina menjadi salah satu segmen dakwah pada akun YouTube tersebut, dimana fokus dakwahnya menjelaskan persoalan tentang fiqih wanita haid, problematika haid menjadi pembahasan yang kadang dikesampingkan dan dianggap tabu. Kenyataannya edukasi perempuan tentang haid masih mengalami keterbatasan yang berdampak pada kesehatan fisik dan kondisi ibadah mereka. Dari paparan tersebut dapat ditarik rumusan masalah yakni 1) bagaimana gaya bahasa dakwah Ning Sheila Hasina pada akun YouTube LIM Production dalam menyampaikan pemahaman tentang fiqih wanita? 2) Bagaimana pola penggunaan kata atau istilah tertentu dalam konten video dakwah yang disampaikan ning sheila hasina pada akun YouTube LIM Production? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis isi menurut Klaus Krippendorff. Penelitian kualitatif bertujuan memahami fenomena yang dialami subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan. Tujuannya adalah menganalisis video Podcast ning Sheila hasina dan membuat kesimpulan yang valid dari teks atau data kualitatif lainnya dengan mengidentifikasi pemaparan tema dan pola komunikasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bagaimana komunikasi dakwah Ning Sheila Hasina tidak hanya menjelaskan tentang haid dan masa suci, tetapi juga membentuk wacana yang lebih luas tentang peran perempuan, ketaatan, dan spiritualitas. Dakwahnya menampilkan komunikasi yang sistematis, bahasa yang luwes, penggunaan istilah-istilah islam sederhana, serta penyertaan perbedaan pendapat membuka ruang dialog yang lebih inklusif dan interaktif bagi audiens untuk memahami kompleksitas fiqih wanita dengan cara yang lebih mudah dipahami dan diaplikasikan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Komunikasi Islam Penyiaran Islam |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
| Depositing User: | 126304202074 DINA ARUM MAGHFIROH |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 04:06 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 04:06 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
