PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD RAFI IMADUDDIN, 126201212137 and HAWWIN MUZAKKI, 198903082020121009 (2025) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (514kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung” yang ditulis oleh Muhammad Rafi Imaduddin, NIM. 126201212137. Pembimbing: Hawwin Muzakki, M.Pd.I. Kata Kunci : Kedisiplin, Kemandirian, Hasil Belajar PAI Dalam konteks lembaga pendidikan, tingkat keberhasilan dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Salah satu mata pelajaran yang menjadi indikator pencapaian hasil belajar adalah pendidikan agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tulungagung? (2) Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tulungagung? (3) Apakah terdapat pengaruh kedisiplinan belajar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 2 Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 2 Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh antara kedisiplinan dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMPN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif dengan ex post facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I dan VIII J. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent sampel tes (T-test), uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,001< 0,05. 2) terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,038< 0,05. 3) terdapat pengaruh antara kedisiplinan dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 2 Tulungagung. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212137 MUHAMMAD RAFI IMADUDDIN
Date Deposited: 24 Oct 2025 05:24
Last Modified: 24 Oct 2025 05:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63509

Actions (login required)

View Item View Item