DESTINA SUCI FITRIANI, 126209213110 and DITA HENDRIANI, 197912202014032001 (2025) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI ERA DIGITAL PADA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (7MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (317kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (274kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | 
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Ini ditulis oleh: Destina Suci Fitriani, 2025, NIM: 126209213110 Dosen Pembimbing Dita Hendriani, M.A., NIP. 197912202014032001 Kata Kunci: Penggunaan TIK, Pembelajaran Sejarah, Madrasah Aliyah (Pondok Pesantren) Dalam skripsi ini peneliti mengambil topik judul tersebut dilatar belakangi oleh, perkembangan teknologi yang mana saat ini telah berada pada era revolusi 4.0 yang mana perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sudah mengalami perkembangan yang sanggat pesat dalam berbagai sektor kehidupan manusia tidak terkecuali dalam sektor pendidikan. Madrasah Aliyah Darul Hikmah merupakan sekolah yang berada dibawah naungan pondok pesantren, namun pembelajaran yang diterapkan juga harus mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat melahirkan generasi yang berilmu agama dan memiliki keterampilan serta pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Pembelajaran sejarah sangat penting untuk diajarkan dalam dunia pendidikan di Indonesia karena dapat memberikan pemahaman terkait akar budaya dan identitas negara, menumbuhkan wawasan, dan belajar dari kesalahan masalalu untuk menghindari pengulangan di masa yang mendatang, sehingga diharapkan dengan penggunaan TIK dalam pembelajaran siswa dapat lebih memahami dan menerapkan materi sejarah yang telah dipelajari. Tujuan penelitian ini dapat memberikan informasi terkait 1) Bagaimana Pesantren dapat mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah, 2) Bagaimana implementasi TIK dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Darul Hikmah yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren, 3) Bagaimana dampak pemanfaatan TIK dalam materi sejarah di Madrasah Aliyah Darul Hikmah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Terdapat beberapa teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan, yang dilakukan secara langsung oleh peneliti di Madrasah Aliyah Darul Hikmah untuk mendapatkan data yang valid, Teknik analisis data mengguankan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Terkait pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan uji triangulasi dan member check. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1) Ponpes Darul Hikmah sudah mengintregasikan TIK dalam pembelajaran melalui penerapan dan sosialisasi kurikulum, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan evaluasi kurikulum, 2) Proses implementasi TIK dalam pembelajaran sejarah yaitu melalui tahap awal guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan media pembelajaran yang digunakan, dan pelaksanaan pembelajaran, 3) Dampak pemanfaatan TIK dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Darul Hikmah dapat meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa, dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap mapel sejarah.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Kebudayaan Islam Sejarah Kebudayaan Islam Sejarah Peradaban Islam Ilmu Komunikasi | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS | 
| Depositing User: | 126209213110 DESTINA SUCI FITRIANI | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:08 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:08 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63540 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        