PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 1 KRAS KEDIRI

BIDAYATUR RAVIKAPUTRI, 126201212113 and MOHAMMAD JA'FAR AS-SHODIQ, 199007142023211024 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 1 KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (464kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Artificial Intellegence (AI) Sebagai Media Pembelajaran PAI Terhadap Minat Hasil Belajar Peserta Didik Di SMKN 1 Kras Kediri” ini ditulis oleh Bidayatur Ravikaputri NIM. 126201212113. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq, S. Kom., M.Pd.I. Kata kunci: Artificial Intellegence (AI) Media Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini didasari oleh pandangan bahwa pendidikan merupakan pilar utama dalam membangun peradaban manusia. Di Indonesia, yang mayoritas penduduknya beragama Islam, Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan moral generasi muda. Dengan kemajuan teknologi dan tuntutan pendidikan di era abad ke-21, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi semakin relevan untuk menunjang kualitas proses belajar mengajar. Namun, di SMKN 1 Kras Kedirii, proses pembelajaran PAI masih cenderung menggunakan metode ceramah tradisional yang kurang menarik, sehingga membuat siswa cepat merasa bosan dan kehilangan konsentrasi. Salah satu alternatif solusi adalah memanfaatkan Artificial Intellegence (AI) sebagai media pembelajaran seperti Zep-Quiz yang menyajikan kuis interaktif lengkap dengan elemen gambar, suara, dan video. Penggunaan AI Zep-Quiz tidak hanya mempermudah penyampaian materi, tetapi juga dapat meningkatkan partisipasi dan minat belajar siswa, serta membantu guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa secara lebih efektif, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Artificial Intellegence (AI) sebagai media pembelajaran PAI terhadap minat belajar peserta didik kelas X di SMKN 1 Kras Kediri. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Artificial Intellegence (AI) sebagai sebagai media pembelajaran PAI terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di SMKN 1 Kras Kediri. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Artificial Intellegence (AI) sebagai media pembelajaran PAI secara simultan terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X di SMKN 1 Kras Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-experiment dengan desain Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu X TKJ-1 yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan X TKJ-2 yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yang didasarkan pada selisih nilai UTS siswa terkecil dengan anggapan kemampuan siswa dalam kedua kelas tersebut setara. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu AI Zep-Quiz dan variabel terikat yaitu minat belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini terdiri dari uji instrumen, uji deskriptif statistik, uji asumsi klasik, uji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test untuk menguji secara parsial dan uji regresi multivariat (MANOVA) untuk menguji secara simultan. Teknik analisa data penelitan menggunakan bantuan software IBM SPSS 27. Hasil penelitian ini yaitu (1) nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 ≤ 0,05, sehingga

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212113 BIDAYATUR RAVIKAPUTRI
Date Deposited: 29 Oct 2025 01:49
Last Modified: 29 Oct 2025 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63572

Actions (login required)

View Item View Item