PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILY, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENDAPATAN NON HALAL TERHADAP REPUTASI BANK MUAMALAT INDONESIA TAHUN 2015-2023

ERLANGGA PUTRA ALAM, 126401212048 and LATIVA HARTININGTYAS, 199110062019032016 (2025) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILY, GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PENDAPATAN NON HALAL TERHADAP REPUTASI BANK MUAMALAT INDONESIA TAHUN 2015-2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Corporate Social Responsibility , Good Corporate Governance, dan Pendapatan Non Halal terhadap Reputasi Bank Muamalat Indonesia Tahun 2015-2023” ini ditulis oleh Erlangga Putra Alam, NIM 126401212048, Program Studi Perbankan Indonesia, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Ibu Lativa Hartiningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Pendapatan Non Halal, Reputasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya pertumbuhan bank syariah yang cenderung naik, dibuktikan dengan banyaknya jumlah Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) yang diharapkan bisa bersaing dengan bank konvensional yang dimana Indonesia merupakan negara dengan mayoritas beragama islam. Reputasi merupakan persepsi publik tentang tindakan yang dilakukan suatu bank, baik positif maupun negatif. Persepsi yang dimiliki oleh pelanggan terhadap kemampuan perusahaan untuk menyediakan layanan disebut reputasi perusahaan. Dalam penelitian ini, Good Corporate Governance, tanggung jawab sosial perusahaan, dan penggunaan dana nonhalal digunakan untuk mengukur reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh Corporate Social Rensponsibility terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia (2) menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia (3) menguji pengaruh Pendapatan Non Halal terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia (4) menguji pengaruh Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance dan Pendapatan Non Halal terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Data yang digunakan adalah data sekunder berbentuk triwulan dari kuartal I 2015 sampai kuartal IV 2023. Sehngga data yang terkumpul sebanyak 36. Data CSR, GCG, dan Pendapatan non halal sebagai variabel independen diperoleh dari website resmi Bank Muamalat Indonesia. Data reputasi Bank Muamalat Indonesia sebagai variabel dependen yang diperoleh dari website resmi Bank Muamlat Indonesia. Metode analisis yang digunakan berupa Regresi Linier Berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 25 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia (2) secara parsial Good Corporate Governance (GCG) tidak berpengaruh signifikan terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia (3) secara parsial Pendapatan Non Halal berpengaruh signifikan terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia (4) Secara simultan, CSR, GCG, dan Pendapatan Non Halal berpengaruh signifikan terhadap reputasi Bank Muamalat Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401212048 ERLANGGA PUTRA ALAM
Date Deposited: 03 Nov 2025 07:46
Last Modified: 03 Nov 2025 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63681

Actions (login required)

View Item View Item