IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI PSM Padangan Ngantru Tulungagung dan MIN 4 Tulungagung)

MUHAMMAD BARIK MAULANA, 12850521020 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI PSM Padangan Ngantru Tulungagung dan MIN 4 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Menggunakan Media Komik Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik (Studi Multi Situs di MI PSM Padangan Ngantru Tulungagung dan MIN 4 Tulungagung)” ditulis oleh Muhammad Barik Maulana, NIM 12850521020 dosen pembimbing: Prof. Dr. NurKholis, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Luk luk Nur Mufidah, M.Pd.I. Kegiatan pembelajaran memerlukan tiga unsur yang saling berkaitan yaitu guru, siswa, dan bahan yang diajarkan. Dalam proses mendidik, guru hendaknya memperhatikan beberapa hal seperti penggunan media pembelajaran untuk menarik antusias para siswa. Hal ini karena tidak semua peserta didik langsung paham dan menerapkan apa yang diberikan oleh guru. Seiring dengan perubahan arah dan orientasi pendidikan, seorang guru hendaknya dapat mengupgrade pengetahuan dan skill penunjang kegiatan pembelajaran serta mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada seperti implementasi media komik digital yang mudah dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persiapan pembelajaran dengan media komik digital dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyyah? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan media komik digital dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyyah? 3) Bagaimana evaluasi guru dalam pembelajaran dengan media komik digital dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyyah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan dengan desan studi Multi Situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis situs tunggal dan analisis multisitus. Peneliti menggunakan reduksi data, display data, serta verifikasi data untuk analisis situs tunggal, serta analisis lintas situs. Pengechekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan metode, perpanjangan penelitian, dan pengechekan rekan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persiapan pembelajaran dengan media komik digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dilakukan dengan mempersiapkan RPP, materi ajar, evaluasi guru dalam pembelajaran dengan persetujuan dari kepala madrasah dan menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis melalui perangkat digital. 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan media komik digital dalam meningkatkan motivasi belajar dilakukan dengan penyediaan fasilitas pembelajaran yang memadai, akses internet, layar dan papan informasi tentang fakta-fakta sains, permainan edukatif. aplikasi edukatif dalam menunjang kegiatan pembelajaran, pemanfaatan literasi digital dengan menggunakan gawai digital pada masing-masing siswa. 3) Evaluasi guru dalam pembelajaran dengan media komik digital dalam meningkatkan motivasi belajar dilakukan dengan mengamati peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran sejak sebelum menggunakan media komik digital, dengan aktivitas siswa setelah menggunakan media tersebut. Selain itu aktivitas guru juga meningkat setelah menggunakan media komik digital, serta warga sekolah menjadi lebih melek teknologi. Kata Kunci: implementasi pembelajaran, media komik digital, motivasi belajar

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521020 MUHAMMAD BARIK MAULANA
Date Deposited: 04 Nov 2025 08:34
Last Modified: 04 Nov 2025 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63763

Actions (login required)

View Item View Item