PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI IBADAH MAHDHAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG

PIFRILLIA AENZEL TAMARA, 126204211059 and DEWI ASMARANI, 197704122009122001 (2025) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI IBADAH MAHDHAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Soal Matematika Terintegrasi Nilai Ibadah Mahdhah Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungangung” ini ditulis oleh Pifrillia Aenzel Tamara, NIM. 126204211059, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dengan pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Soal Matematika, Terintegrasi Nilai Ibadah Mahdhah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami permasalahan yang ada ketika mengerjakan soal matematika, sehingga siswa kurang mampu dalam merencanakan dan menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Faktor lain kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisa permasalahan yang ada pada soal. Berdasarkan permasalahan tersebut siswa perlu menggunakan kemampuanya dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dalam melatih kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Oleh karena itu peneliti berusaha mengembangkan soal terintegrasi, ilmu umum seperti halnya ilmu matematika tidak hanya mengenai pengetahuan umumnya saja namun dapat diberikan sedikit nilai-nilai Islam. Soal matematika yang dikembangkan yaitu soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungangung, (2) untuk mendeskripsikan cara mengembangkan soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah yang valid untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan cara mengembangkan soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah yang praktis untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung, (4) untuk mendeskripsikan cara mengembangkan soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah yang efektif untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Tessmer 1993. Model ini terdiri : tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping (Validasi, Evaluasi, dan Revisi), dan field test (uji coba lapangan). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A, siswa sebagai uji one to one, siswa sebagai uji small group dan Subjek penelitian pada field test sebanyak siswa dari kelas VII-A. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar angket validasi dan respon, lembar soal. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah untuk melatih kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTsN 1 Tulungangung. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) langkah pengembangan pengembangan soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah diawali dengan tahap preliminary, tahap self evaluation, tahap prototyping (Validasi, Evaluasi, dan Revisi), dan field test (uji coba lapangan). (2) kevalidan soal matematika dari validator memperoleh skor rata-rata dengan kategori valid, untuk validitas butir soal yang dihasilkan semua valid dan reliabel artinya soal dinyatakan valid. (3) kepraktisan soal matematika dari hasil angket respon guru memperoleh presentase sebesar dengan kategori sangat baik artinya soal matematika dinyatakan praktis. (4) keefektifan soal matematika teritegrasi nilai Islam melalui hasil kerja siswa yang memperoleh nilai rata-rata 68,43, angket respon siswa memperoleh presentase sebesar 71,5%, untuk hasil dari tingkat kesukaran terdapat 8 soal dengan kategori mudah dan terdapat 4 soal dengan kategori sedang. Sedangkan untuk daya pembeda soal terdapat 5 soal dengan kategori cukup, 6 soal dengan kategori baik dan 1 soal dengan kategori sangat baik. Artinya soal matematika terintegrasi nilai ibadah mahdhah ini dinyatakan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat melatih kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211059 PIFRILLIA AENZEL TAMARA
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:32
Last Modified: 06 Nov 2025 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63795

Actions (login required)

View Item View Item