IMPLEMENTASI SPIRITUAL QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

SALIS SABILA JADIDAH, 126201212110 and SUKARJI, 196410121987031014 (2025) IMPLEMENTASI SPIRITUAL QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTS DARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jadidah, Salis Sabila. 2025. Implementasi Spiritual Quotient untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Uiniversitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung. (UIN Sayyid Ali Rahmaullah Tulungagung). Dosen Pembimbing: Dr. Sukarji, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Spiritual Quotient, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kualitas pendidikan bangsa yang masih cenderung kurang maksimal, hal ini ditandai dengan krisisnya moral dan etika bahkan pelanggaran asusila terjadi dimana-mana, mengingat pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi yang dapat mengaburkan nilai-nilai spiritual di era modern ini. Pendidikan yang berkualitas memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu hidup masyarakat dan pembangunan berprinsip kelestarian. Namun banyaknya kasus degradasi etika peserta didik sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang menurun menjadi suatu hal yang menghambat peningkatan kualitas pendidikan. Suatu lembaga pendidikan hendaknya memiliki sebuah mekanisme yang mampu mengatur dan mengoptimalkan berbagai komponen dan sumber daya pendidikan yang ada termasuk peserta didiknya. Sehingga guru atau pendidik harus mampu dalam membentuk kecerdasan spiritual peserta didik melalui pembiasaan-pembiasaan kegiatan religius yang dilakukan di madrasah. Berangkat dari latar belakang ini, peneliti melakukan penelitian terhadap implementasi spiritual quotient dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan spiritual quotient untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024? 2) Bagaimana evaluasi penerapan spiritual quotient untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik dari penerapa spiritual quotient di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024? Adapun metode yang peneliti gunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan informasi berupa huruf atau kata-kata bukan angka. Informan pada penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru akidah akhlak, guru BK, dan peserta didik. Key informan pada penelitian kali ini adalah waka kurikulum karena dalam penelitian ini waka kurikulum terlibat langsung dalam menetapkan kebijakan dan memiliki pengaruh terhadap keberhasilan belajar peserta didik di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara/ interview, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Kemudian untuk hasil penelitian yang peneliti dapatkan yaitu sebagai berikut: 1) Penerapan program spiritual quotient seperti sholat dhuha dan dhuhur berjamaah juga dapat meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik seperti tumbuh kesadaran untuk menjalankan kewajiban sebagai umat islam, dan displin serta taat dalam beribadah. Kemudian adanya kegiatan syawir serta penerapan MMQ (Madrasah Murattilil Qur`an) ini juga dapat membentuk kecerdasan spiritual seperti meningkatnya keimanan dan ketakwaan, memiliki pemahaman dan pandangan yang luas tentang islam serta dapat mengontrol perilaku sesuai ajaran yang ada dalam Al Qur`an. 2) Evaluasi dilakukan dengan melihat sikap, perilaku dan tutur kata siswa dalam kesehariannya. Dan setelah adanya konsep nyata dan pembahasan mengenai langkah-langkah apa yang harus diambil untuk kedepannya dalam waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama sesuai situasi dan kondisi lembaga pendidikan. Selanjutnya dilakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut. 3) Hasil dari penerapan spiritual quotient terhadap hasil belajar peserta didik dalam hal ini menunjukkan bahwa pembiasaan kegiatan spiritual quotient telah memberikan dampak positif dilihat dari nilai rapot, banyaknya prestasi yang diperoleh baik dalam bidang akademik maupun non akademik dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > SQ
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212110 SALIS SABILA JADIDAH
Date Deposited: 06 Nov 2025 03:22
Last Modified: 06 Nov 2025 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63803

Actions (login required)

View Item View Item