UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH MULNITHI AZIZSTAN PATTANI SELATAN THAILAND

HAMDAN HEEMBOO, 2811133306 (2017) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH MULNITHI AZIZSTAN PATTANI SELATAN THAILAND. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Mulnithi Azizstan Pattani Selatan Thailand” ini ditulis oleh Hamdan Heemboo, NIM 2811133306, pembimbing Drs. H. Masduki, M.Ag Kata Kunci : Peningkatan, Kompetensi, Profesionalisme Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Madrasah Mulnithi Azizstan yang pada awalnya merupakan pondok pesantren dengan tenaga pengajar yang hanya lulusan Tsanawiyah (setara Aliyah di Indonesia). Semakin bertambahnya jumlah murid di pondok pesantren hingga menjadi madrasah swasta pertama dalam provinsi Pattani yang mengajar ilmu pendidikan dalam madrasah, maka membutuhkan tenaga pengajar yang tingkat profesionalismenya lebih baik, sehingga kualitas pendidikannya lebih meningkat. Fokus penelitian yang ada pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana kreativitas guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Mulnithi Azizstan Pattani Selatan Thailand?; 2. Bagaimana keahlian komunikasi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Mulnithi Azizstan Pattani Selatan Thailand Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru pada proses belajar mengajar dalam kreativitas guru di Madrasah Mulnithi Azizstan Pattani Selatan Thailand; 2. Untuk mengetahui Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru pada proses belajar mengajar dalam keahlian komunikasi guru di Madrasah Mulnithi Azizstan Pattani Selatan Thailand. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang proses belajar mengajar guru dan siswa, sedangkan dokumentasi digunkan untuk menggali data tentang sarana-prasarana, dokumen ustadz madrasah Mulnithi Azizstan. Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terlihat mengembangkan kreativitasnya, seperti penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik serta penggunaan media untuk mendukung proses pembelajaran dan berbagi pengalaman dengan guru lain baik yang serumpun mata pelajaran maupun teman guru lain yang mempunyai pengalaman lebih baik. 2) Pada pelaksanaannya di Madrasah Munlithi Azizstan telah dilakukan upaya komunikasi antara guru dengan siswa secara terbuka untuk mengetahui kendala-kenadala yang dialami serta memberi solusi yang terbaik kepada siswa. Agar siswa menjadi fokus dengan materi yang disampaikan guru, sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Dari hasil analisis secara keseluruhan dapat disimpulkan upaya peningkatan kompetensi profesionalisme guru pada madrasah mulnithi azizstan sudah ada upaya-upaya peningkatan yang terlihat dari usaha guru untuk meningkatkan kreatifitas dan keahlian komunikasi. Sehingga diharapkan profesionalisme guru juga meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133306 HAMDAN HEEMBOO
Date Deposited: 07 Nov 2017 06:12
Last Modified: 07 Nov 2017 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6383

Actions (login required)

View Item View Item