PENGARUH KONSEP DIRI DAN GROWTH MINDSET TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMPN 1 PAGERWOJO

ASTUTI SO’ADAH, 126308211015 and NUR KHOLIS, 197103161998031002 (2025) PENGARUH KONSEP DIRI DAN GROWTH MINDSET TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMPN 1 PAGERWOJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan zaman menuntut generasi muda memiliki kemampuan dalam menghadapi tantangan akademik dan sosial. Namun, di beberapa wilayah khususnya Pagerwojo masih banyak siswa SMP yang mengalami penurunan motivasi berprestasi yang dipengaruhi oleh pandangan sosial budaya seperti pernikahan dini, tuntutan untuk segera bekerja, serta minimnya pendampingan orang tua akibat dari faktor ekonomi. Kurangnya semangat belajar dan rendahnya rasa percaya diri menjadi indikasi lemahnya motivasi siswa dalam meraih prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh konsep diri dan growth mindset terhadap motivasi berprestasi siswa SMPN 1 Pagerwojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional kausalitas. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen angket yang telah disusun dari teori milik Calllhoun dan Acocella untuk variabel konsep diri, milik Carol S.Dweck untuk variable growth mindset dan milik David McClelland untuk variabel motivasi berprestasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu lalu disebarkan kepada siswa SMP Negeri 1 Pagerwojo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel konsep diri dan growth mindset secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi pada siswa SMP Negeri 1 Pagerwojo. Sebesar 70,4% variabel motivasi berprestasi dapat dijelaskan oleh konsep diri dan growth mindset, sedangkan sisanya 29,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Secara parsial, growth mindset memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan konsep diri terhadap motivasi berprestasi. Hal ini menunjukkan siswa yang beryakinan bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui usaha dan pembelajaran cenderung memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk meraih prestasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Psikologi
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308211015 ASTUTI SO'ADAH
Date Deposited: 11 Nov 2025 02:36
Last Modified: 11 Nov 2025 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63832

Actions (login required)

View Item View Item