IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM WONODADI

GALIH ARUM PRASTIWI, 12205193033 and MIRNA WAHYU AGUSTINA, 198608222014032004 (2025) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MI DARUSSALAM WONODADI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ajaran agama merupakan pondasi yang penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Dengan kemajuan zaman dan teknologi banyak peserta didik terlena dan lebih mengedepankan dirinya sehingga banyak sekali kasus penyimpangan yang terjadi. Untuk mencapai peserta didik yang berkarakter maka diperlukan pengoptimalan dalam pembentukan karakter peserta didik. Untuk itu dengan adanya kegiatan keagamaan di MI Darussalam Wonodadi diharapkan dapat meningkatkan karakter religious pada peserta didik. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah (1) Bagaimana penanaman karakter toleransi melalui kegiatan keagamaan peserta didik di MI Darussalam Wondadi? (2) Bagaimana penanaman karakter kerjasama melalui kegiatan keagamaan peserta didik di MI Darussalam Wonodadi? (3) Bagaimana penanaman karakter ketulusan melalui kegiatan keagamaan peserta didik di MI Darussalam Wonodadi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana peneliti akan menganalisis sebuah keadaan, kondisi, dan situasi dan hasil dari proses tersebut berbentuk laporan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darussalam Wonodadi Desa Wonodadi, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis nya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk pengecekan keabsahan data temuan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi melibatkan teman sejawat dan tahapan penelitiannya yaitu tahap pra lapangan, tahap lapangan/ pelaksanaan, dan tahap pengolahan data. Hasil penelitian dari skrispsi ini adalah : (1) Penanaman nilai karakter toleransi melalui kegiatan keagamaan kompetensi pagi dilakukan dengan melatih sikap tertib, saling menghormati, dan menghargai pada peserta didik. (2) Penanaman nilai kerjasama di MI Darussalam Wonodadi dilakukan melalui pembiasaan shalat dhuha. Keterlibatan antara peserta didik dan guru dalam menyelenggarakan suatu kegiatan merupakan contoh nyata bagi peserta didik untuk mengedepankan kebersamaan. (3) Penanaman karakter ketulusan memalui kegiatan keagamaan peserta didik yaitu infaq. Kotak infaq diletakkan pada serambi masjid kemudian peserta didik bergantian untuk berinfaq. Sehingga semua peserta didik dapat saling termotivasi karena melihat temannya berinfaq. Dari pembiasaan ini akan tumbuh jiwa sosial dan rasa ikhlas pada diri peserta didik serta mau berbagi terhadap sesama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Akhirat
Agama > Al Quran
Agama > Infaq
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > SQ
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193033 GALIH ARUM PRASTIWI
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:29
Last Modified: 11 Nov 2025 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63873

Actions (login required)

View Item View Item