WANDRIA PUSPA WIDIYA SARI, 126204211077 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE ANIMATE PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate pada Materi Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Wandria Puspa Widiya Sari, NIM. 126204211077, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Pembimbing Skripsi: Miswanto M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Animate, Trigonometri, Berpikir Kreatif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terjadi karena kreativitas siswa kurang terfasilitasi saat pembelajaran. Data tersebut diperoleh dari observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru. Melalui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate diharapkan bisa menstimulasi kemampuan kreatif siswa dalam berimajinasi melalui suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, khususnya pada materi trigonometri. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi trigonometri berbasis Adobe Animate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan, efektivitas pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi trigonometri berbasis Adobe Animate untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MAN 1 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas XI-N sebagai uji kelompok kecil, 21 siswa kelas X-M sebagai uji kelompok besar sekaligus sebagai kelas eksperimen, serta 21 siswa kelas X-K sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar angket validasi, angket respon dan lembar posttest kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan presentase kevalidan, kepraktisan, dan efektifitas media. Hasil dari penelitian pengembangan ini diperoleh (1) proses pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi trigonometri berbasis Adobe Animate diawali dengan tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) media pembelajaran interaktif pada materi trigonometri berbasis Adobe Animate yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil uji kevalidan 96% sangat valid, praktis dengan hasil angket respon siswa 86% sangat praktis, dan efektif dengan uji Independent t-test pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki rata-rata nilai 88,67 lebih tinggi dibandingkan pembelajaran tanpa media dengan rata-rata nilai 65,81.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Geometri Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211077 WANDRIA PUSPA WIDIYA SARI |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 03:23 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 03:23 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
