PENGGUNAAN BUKU LAPORAN PENGEMBANGAN KARAKTER UNTUK MEMBINA KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG

AMRINA ROSADA, 126205211011 and YUDI KRISNO WICAKSONO, 199104252019031021 (2025) PENGGUNAAN BUKU LAPORAN PENGEMBANGAN KARAKTER UNTUK MEMBINA KARAKTER AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MI ISLAMIYAH PINGGIRSARI NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Buku Laporan Pengembangan Karakter untuk Membina Karakter Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Islamiyah Pinggirsari Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Amrina Rosada, NIM. 126205211011, dengan pembimbing Dr.Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Strategi penerapan, dampak, tantangan buku karakter siswa Strategi penerapan buku karakter di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) merupakan upaya penting dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada peserta didik sejak dini. Buku karakter digunakan sebagai media pembelajaran yang terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dengan pendekatan yang kontekstual dan berbasis keteladanan. Melalui strategi ini, siswa tidak hanya dikenalkan pada nilai-nilai moral seperti jujur, tanggung jawab, disiplin, dan empati, tetapi juga diarahkan untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penguatan dilakukan melalui pembiasaan, pemberian penghargaan, dan keterlibatan aktif guru serta orang tua. Hasilnya, siswa menunjukkan peningkatan sikap positif dan perilaku yang mencerminkan akhlak mulia, mendukung terciptanya lingkungan Madrasah yang religius dan berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan buku laporan pengembangan karakter untuk membina karakter akhlakul karimah (2) untuk mendeskripsikan dampak implementasi buku karakter. (3) untuk mendeskripsikan tantangan implementasi buku karakter untuk membina karakter akhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dan metodologi kualitatif. Siswa, wakil guru kurikulum, dan kepala sekolah merupakan sumber data. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi. Reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan merupakan langkah awal dalam analisis data. Keteralihan, ketergantungan, kepastian, dan kepercayaan (perluasan partisipasi, triangulasi) digunakan dalam pemeriksaan validitas data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan buku karakter untuk membina karakter akhlakul karimah meliputi: Madrasah memilih menggunakan buku karakter, nilai-nilai akhlak karimah yang paling ditekankan dalam buku karakter, keterlibatan orang tua dan bentuk kerjasama antara guru dan orangtua dalam mendampingi dan memperkuat nilai-nilai karakter, menerapkan nilai-nilai buku karakter dalam kehidupan sehari-hari. (2) dampak implementasi buku karakter meliputi: penilaian sekolah terhadap dampak penggunaan buku karakter, perubahan perilaku atau sikap siswa setelah diterapkanya buku karakter, nilai-nilai karakter apa saja yang paling terlihat berkembang, peran guru dalam memastikan dampak dari buku karakter. (3) tantangan implementasi buku karakter meliputi: respon siswa terhadap tantangan yang muncul selama diterapkanya buku karakter, dukungan dari pihak sekolah dalam menghadapi tantangan implementasi buku karakter, evaluasi keberhasilan program buku karakter.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211011 AMRINA ROSADA
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:53
Last Modified: 11 Nov 2025 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63912

Actions (login required)

View Item View Item