MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MEMAKSIMALKAN AKTIVITAS LITERASI SISWA DI MTSN 2 BLITAR TAHUN AKADEMIK 2024/2025

DITA DIAN NOPIANTI, 126207212061 and ANNISATUL MUFAROKAH, 1987008171998032001 (2025) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MEMAKSIMALKAN AKTIVITAS LITERASI SISWA DI MTSN 2 BLITAR TAHUN AKADEMIK 2024/2025. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Dengan Judul “Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Digital Untuk Memaksimalkan Aktivitas Literasi Siswa Di MTsN 2 Blitar” Ini Ditulis Oleh Dita Dian Nopianti, NIM 126207212061, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Dengan Pembimbing Dr. Annisatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : manajemen perpustakaan, teknologi digital, literasi. Pada era saat ini budaya membaca buku menjadi salah satu masalah yang cukup serius karena siswa lebih tertarik dengan smartphone untuk membaca dan mencari informasi. Dengan demikian maka lembaga pendidikan perlu bekerja sama dengan tenaga pengelola perpustakaan untuk menyesuaikan kegemaran atau minat yang dimiliki peserta didik melalui pembiasaan membaca. Budaya literasi terutama membaca memiliki peran penting karena ilmu pengetahuan dapat dihasilkan siswa melaui membaca. Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam menanamkan budaya literasi siswa. Peserta didik dengan tingkat literasi yang tinggi cenderung akan lebih berhasil dan tenaga pengajar akan lebih semangat untuk mengajarnya. Manajemen perpustakaan berbasis teknologi digital memiliki peran penting dalam memaksimalkan aktivitas literasi siswa secara efektif dan efisien. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital untuk memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar; (2) Bagaimana pelaksanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital untuk memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar; (3) Bagaimana pengawasan pelaksanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital untuk memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital untuk memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar 2) Untuk mengetahui pelaksanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital untuk memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar; 3) Untuk mengetahui pengawasan pelaksanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital untuk memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus, metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi 3 yaitu: data yang bersumber dari paper, people dan place. Teknik analisa data menggunakan model interaktif dari Miles and Hubarman berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjang pengamatan dan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: 1) perencanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital untuk memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar yang terdiri dari perumusan visi dan misi, merancang program yang direncanakan, merumuskan langkah-langkah yang dilakukan, menentukan pihak-pihak yang bertanggungjawab dalam perencanaan program, sarana dan prasana yang disediakan di perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital, dan cara mengontrol perencanaan tersebut. 2) pelaksanaan program literasi 15 menit yang dilakukan setiap hari di kelas masing-maisng yang diikuti oleh seluruh siswa MTsN 2 Blitar, literasi kitab kuning yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis yang bertempat di aula dan musholla dan diikuti oleh seluruh siswa MTsN 2 Blitar dan workshop menulis buku, cerpen, puisi dan skrip film yang dilaksanakan secara rutin tiap 1 tahun seklai dan di hari peringatan yang diikui oleh minimal 2 siswa dalam 1 kelas, 3) pengawasan system digital yang digunakan dalam pelaksanaan program perpustakaan sekolah berbasis teknologi digital, apa saja yang diawasi dalam pengawasan program perpustakan sekolah berbasis teknologi digital, pihak-pihak yang bertanggungjawab dan upaya yang dilakukan tenaga pengelola perpustakaan dalam memaksimalkan aktivitas literasi siswa di MTsN 2 Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212061 DITA DIAN NOPIANTI
Date Deposited: 17 Nov 2025 03:16
Last Modified: 17 Nov 2025 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64090

Actions (login required)

View Item View Item