PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

MIFTAKHUR ROZIQIN, 2811133152 (2017) PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
Daftar putaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Pembinaan Nilai-nilai Religius Siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakhur Roziqin, NIM. 2811133152, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2017, dosen pembimbing: Drs. H. Ali Rohmad, M.Ag, NIP : 196111101990011001. Kata Kunci : Pembiasaan, Kegiatan keagamaan, Nilai-nilai Religius. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Lembaga MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung yang membiasakan anak didiknya untuk selalu melaksanakan aktivitas-aktivitas keagamaan dalam rangka pembinaan nilai-nilai religius anak didiknya. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana pembiasaan kegiatan-kegiatan keagamaan dalam pembinaan nilai-nilai religius siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Fokus Penelitian: 1. Bagaimana pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan membaca Al-Qur’an dalam pembinaan nilai-nilai religius siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?; 2. Bagaimana pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan sholat dhuha dalam pembinaan nilai-nilai religius siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?; 3. Bagaimana pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan sholawatan dalam pembinaan nilai-nilai religius siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? Rancangan Penelitian: pendekatan : kualitatif, jenis penelitian: studi kasus; kehadiran peneliti: dari tanggal 17 April 2017 sampai 10 Mei 2017; lokasi penelitian: MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung; sumber data: person (orang), place (tempat), paper (kertas/dokumen); metode pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi; data hasil penelitian lapangan: ringkasan data; prosedur analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikusertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian: 1. Pelaksanaan pembiasaaan kegiatan keagamaan membaca al-qur’an dalam pembinaan nilai-nilai religius siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung: a. Pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan membaca al-qur’an sebagai sarana edukatif yang diterapkan oleh madrasah; b. Pelaksanaan kegiatan ini dibimbing langsung oleh guru; c. Metode yang digunakan guru: metode pembiasaan, metode tauladan, dan hukuman yang mendidik; d. Nilai-nilai yang tampak: siswa menjadi rajin membaca Al-Qur’an dan juga siswa lebih disiplin ketika berangkat ke sekolah; e. Dari pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan ini adalah terciptanya lembaga yang bernuansa islami. 2. Pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan sholat dhuha dalam pembinaan nilai-nilai religius siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung: a. Dalam pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan sholat dhuha, guru memberikan bimbingan pemahaman dahulu atau teori kemudian siswa mempraktikkan; b. Dari pelaksanaan pembiasaan kegiatan ini siswa memiliki jiwa yang religius, timbul kesadaran, kejujuran serta kedisiplinan; c. Guru berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini, yaitu pembimbing dan pengawas; d. Metode yang digunakan: metode pembiasaan, nasihat, dan hukuman yang mendidik; e. Tujuan pelaksanaan pembiasaan kegiatan sholat dhuha ini adalah untuk pembiasaan diri siswa agar selalu mendekatkan diri kepada Allah swt supaya terbentuk kemampuan religi, kecerdasan rohani dan kecerdasan emosional anak. 3. Pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan sholawatan dalam pembinaan nilai-nilai religius siswa di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung: a. Sholawat adalah syi’ar islam, dengan adanya pembiasaan maka bisa membangkitkan semangat siswa untuk membaca sholawat, sehingga menambah rasa cinta kita kepada nabi Muhammad SAW; b. Dalam pelaksanaannya siswa sudah punya latar belakang permainan yang bagus, jadi disini pembimbing cuma mengarahkan untuk mengembangkan kemampuan atau skill dari seorang siswa; c. Guru mengevaluasi siswa dengan latihan secara rutin setiap minggunya, untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa; d. Guru memberi pemahaman terlebih dahulu kemudian guru memberi contoh atau tauladan yang baik kepada siswa dan ketika ada siswa yang tidak konsisten kehadiranya maka diberi nasihat; e. Dari pelaksanaan pembiasaan kegiatan sholawatan ini terciptanya kerjasama tim yang bagus dan saling komunikasi sehingga tetap terjalin hubungan yang baik antara sesama siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133152 MIFTAKHUR ROZIQIN
Date Deposited: 08 Nov 2017 03:32
Last Modified: 08 Nov 2017 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6413

Actions (login required)

View Item View Item