IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA BUKU ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR

NURUL BINTI AZIZAH, 126201212178 and IKFI KHOULITA, 19821013201801200 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA BUKU ISLAM PADA PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Buku Islam pada Peserta Didik di SMAN 1 Sutojayan Blitar” yang ditulis oleh Nurul Binti Azizah, NIM. 126201212178 jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata kunci: Literasi, Minat Baca, dan Buku Islam Membaca adalah keterampilan semua dasar semua orang dan menjadi kunci untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu agama Islam juga diperoleh melalui keterampilan membaca. Oleh sebab itu, adanya program Gerakan Literasi Sekolah diharapkan dapat menumbuhkan minat membaca peserta didik pada buku Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi, kendala, dan implikasi program Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca buku Islam pada peserta didik di SMAN 1 Sutojayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Pelaksanaan implementasi program Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca buku Islam pada peserta didik yaitu, membaca setiap pagi sebelum memulai jam pelajaran pertama, pemilihan duta literasi dan penerbitan karya peserta didik sebagai buku. (2) Kendala program Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca buku Islam pada peserta didik yaitu, pengaruh negatif dari HP, kurangnya kepedulian terhadap membaca, dan rendahnya rasa ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan. (3) Implikasi program Gerakan Literasi Sekolah dalam menumbuhkan minat baca buku Islam pada peserta didik yaitu, pelaksanaan GLS telah berjalan sesuai dengan program yang dirancang, namun belum memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa, khususnya terhadap buku-buku Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212178 NURUL BINTI AZIZAH
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:22
Last Modified: 18 Nov 2025 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64143

Actions (login required)

View Item View Item