PENGEMBANGAN MEDIA BOXPLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BABUSSALAM TAMBAR

NAJWA AMALIA PUTRI, 126206212068 and ERRIFA SUSILO, 198305122023212026 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BOXPLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BABUSSALAM TAMBAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Najwa Amalia Putri. NIM. 126206212068. 2025. Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Boxplay Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam Tambar”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Anak Usia 5-6 Tahun, Kemampuan Kognitif, Media Boxplay Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya media pembelajaran yang menarik sebagai sarana untuk mempermudah proses pembelajaran dan menarik minat belajar anak serta untuk meningkatkan kemampuan kognitif khususnya calistung anak usia 5-6 tahun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan media Boxplay untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Babussalam Tambar dan mengetahui keefektifan media Boxplay untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Babussalam Tambar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan, antara lain: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan dengan menguji hasil validasi dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta menganalisis keefektifan media Boxplay dengan menghitung menggunakan uji N-Gain. Desain uji coba penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test, yaitu dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah menggunakan media Boxplay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Boxplay valid dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Hal tersebut di dapat melalui proses uji coba validasi ahli media, ahli materi, dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 26 anak. Hasil validitas media dan materi memperoleh nilai sebesar 1.09 dan 0.88 dengan kategori “validitas sangat tinggi”. Sedangkan hasil uji reliabilitas media memperoleh nilai 0.905 dengan kategori “reliabilitas sangat tinggi” dan reliabilitas materi memperoleh nilai 0.600 dengan kategori “reliabilitas sedang”. Hasil uji coba kelompok besar dengan pre-test dan post-test dihitung menggunakan uji N-Gain yang memperoleh nilai sebesar 85,7% dengan kategori “efektif”. Pengembangan media Boxplay dikembangkan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pemilihan bahan pembuatan media ini dilakukan dengan menggunakan bahan triplek agar media yang dikembangkan tidak hanya aman digunakan, namun juga memiliki ketahanan yang dapat digunakan dalam pemakaian jangka panjang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206212068 NAJWA AMALIA PUTRI
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:33
Last Modified: 18 Nov 2025 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64144

Actions (login required)

View Item View Item