EKA NADIFA, 126210213112 and ARISTA NUR RIZKI, 8938401024 (2025) KESANTUNAN BERBAHASA PADA TOKOH UTAMA DI FILM RUDY HABIBIE: HABIBIE & AINUN 2 DAN RELEVANSINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENGANALISIS ISI DAN KEBAHASAAN DRAMA KELAS XI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (811kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (407kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (390kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (383kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kesantunan Berbahasa Pada Tokoh Utama Di Film Rudy Habibie: Habibie & Ainun 2 Dan Relevansinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Menganalisi Isi Dan Kebahasaan Drama Kelas XI”, ini ditulis oleh EkA Nadifa, NIM. 126210213112, dengan pembimbing Bapak Arista Nur Riski, S.S., M.S. Kata kunci: Kesantunan berbahasa, film, maksim, Rudy Habibie: Habibie & Ainun 2 Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesantunan berbahasa dalam film Rudy Habibie: Habibie & Ainun 2 Dan Relevansinya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Menganalisi Isi Dan Kebahasaan Drama Kelas XI dalam perspektif kajian sosiopragmatik. Penelitian ini lebih dalam membahas wujud pematuhan kesantunan berbahasa berdasarkan teori prinsip maksim kesantunan berbahasa Geoffrey Leech. Selanjutnya relevnsi wujud pematuhan kesantunan berbahasa terhadap pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan isi drama kelas XI. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap (slbc). Sumber data utama menggunakan film Rudy Habibie: Habibie & Ainun 2 dan data berupa seluruh tuturan tokoh utama. Data kemudian ditranskrip dan dianalisis menurut teori Leech, dengan enam maksim kesantunan berbahasa; maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan, maksim kesimpatian. Sedangkan sumber data kedua yakni guru Bahasa Indonesia kelas XI dan data yang diperoleh berupa transkrip hasil wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya 29 temuan kesantunan berbahasa pada tokoh utama menjadikannya relevan sebagai bahan ajar menganalisis kebahasan drama yang dibaca atau ditonton. 29 data tersebut diantaranya, 11 maksim kebijaksanaan, tiga maksim kedermawanan, satu maksim pujian, lima maksim kerendahan hati, 7 maksim kesetujuan, dan dua maksim kesimpatian. Kesimpulannya, penggunaan film dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, berimajinasi, serta merefleksikan diri.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 126210213112 EKA NADIFA |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 03:51 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:51 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
