PENGEMBANGAN MEDIA BILLIARD MINI UNTUK PENGENALAN ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

HUSNIA MAHARANI, 126206212050 and DIKA PUTRI RAHAYU, 2022129101 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BILLIARD MINI UNTUK PENGENALAN ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi “Pengembangan Media Billiard Mini untuk Pengenalan Angka 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun”. Husnia Maharani, NIM.126206212050, Dengan pembimbing Dr. Dika Putri Rahayu. M. Pd., Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pengenalan angka 1-10, Billiard Mini. Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya anak dalam pengenalan angka pada proses pembelajaran, khususnya usia 4–5 tahun. Hal ini berdampak pada lambatnya perkembangan kognitif anak dalam aspek dasar matematika. Minimnya media yang mampu memfasilitasi pembelajaran angka secara konkret, interaktif, dan menyenangkan menjadi salah satu faktor penghambat dalam proses pengembangan kemampuan kognitif anak, khusus nya yaitu pengenalan angka. Maka dari itu peneliti mengembangkan media billiard mini yang dapat digunakan untuk pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan dari media billiard mini untuk pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. (2) Untuk mengetahui kelayakan media billiard mini untuk pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. (3) Untuk mengetahui kepraktisan media billiard mini untuk pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. (4) Untuk mengetahui keefektifan media billiard mini untuk pengenalan angka 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini, menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan perhitungan validitas menggunakan V-Aiken, reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dan keefektifan menggunakan N-Gain untuk perbandingan nilai pretest dan posttest. Hasil dari penelitian bahwa (1) Media pembelajaran angka kurang menarik, anak cepat bosan. Dibutuhkan media billiard mini yang seru, aman, dan mendukung perkembangan kognitif. (2) Pada hasil validitas materi memperoleh 0,46 dan media memperoleh 0,47. Sedangkan hasil reliabilitas materi mendapat 0,655 dan media memperoleh 0,533. Jadi, pada instrument media dan materi dinyatakan reliabel dan layak digunakan (3) Uji kepraktisan memperoleh hasil 90% kategori “sangat praktis”. Selanjutnya (4) Uji efektifitas pada uji kelompok kecil memperoleh skor 58,33% kategori “cukup efektif” dan untuk uji kelompok besar memperoleh hasil 58,75 kategori “cukup efektif “ dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206212050 HUSNIA MAHARANI
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:27
Last Modified: 19 Nov 2025 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64188

Actions (login required)

View Item View Item