ANNISA ‘U SALSABILA, 126308211013 and AFINIA SANDHYA RINI, 198905202023212058 (2025) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI MIPA MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (541kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (927kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (588kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Salsabila, A. 2025. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Tingkat Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI MIPA MAN 2 Jombang. Skripsi. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing : Afinia Sandhya Rini, M.Psi Kata Kunci: Self Efficacy, Motivasi Belajar Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang dalam bentuk peningkatan pada kualitas perilaku, pengetahuan, pemahaman, sikap dan berbagai kemampuan lainnya. Namun, ditemukan faktor lain dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu self efficacy. Hal tersebut terlihat adanya saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat self efficacy dan motivasi belajar, serta menganalisis hubungan antara self efficacy dengan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA MAN 2 Jombang. Menurut Bandura terdapat teori yang berhubungan yaitu kognitif sosial, sebab mengetahui terkait motivasi belajar yang tinggi dengan adanya keyakinan diri menjadi hal penting bagi perkembangan siswa. Hubungan self efficacy ini sangat diyakini terhadap motivasi belajar, siswa yang memiliki rasa yakin yang tinggi pada kemampuannya cenderung juga lebih termotivasi dalam belajar. Metode yang digunakan untuk mengetahui hal ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan sebanyak 82 siswa MAN 2 Jombang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik korelasi menggunakan SPSS for window 25, guna mengetahui hubungan self efficacy terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dan motivasi belajar, dengan nilai korelasi sebesar 0,424. Selain itu, dalam uji kategorisasi tingkat self efficacy ditunjukkan bahwa dari 82 siswa terdapat 10 siswa (12%) yang memiliki tingkat self efficacy dalam kategori sedang, 72 siswa (88%) tingkat self efficacy dalam kategori tinggi yang mana mengartikan bahwa peserta didik memiliki efikasi diri yang baik. Hasil penelitian uji kategorisasi tingkat motivasi belajar ditunjukkan bahwa dari 82 siswa terdapat 7 siswa (9%) yang memiliki tingkat motivasi belajar dalam kategori sedang, 75 siswa (91%) tingkat motivasi belajar dalam kategorisasi tinggi yang dapat mengartikan bahwa siswa mempunyai motivasi belajar yang baik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi klinis Psikologi > Psikologi pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
| Depositing User: | 126308211013 ANNISA 'U SALSABILA |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 08:18 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 08:18 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64302 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
