JULIA ADIDEWI NURHIDAYAH, 126204211041 and UMY ZAHROH, 196907192000032002 (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS GUIDED NOTE TAKING (GNT) PADA MATERI KESEBANGUNAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (630kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Guided Note Taking (GNT) pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Julia Adidewi Nurhidayah, NIM. 126204211041, dengan pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D.. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Guided Note Taking, Kesebangunan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika yang masih bersifat pasif dan berpusat pada guru, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, khususnya konsep kesebangunan yang memerlukan visualisasi yang kuat. Selain itu, keterbatasan penggunaan media digital di sekolah turut menghambat akses siswa terhadap pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Guided Note Taking (GNT) guna meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran berbasis Guided Note Taking (GNT) pada materi kesebangunan di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung memenuhi kriteria: (1) valid, (2) praktis, dan (3) efektif. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis (Analysis), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial, sedangkan instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan guru, angket siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 87,50% dan oleh ahli media sebesar 88,50%, keduanya berada dalam kategori valid; (2) modul dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket kepraktisan guru sebesar 91,67% dan didukung oleh hasil observasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas dan kemandirian siswa; serta (3) dari segi keefektifan, modul terbukti efektif berdasarkan hasil tes belajar dengan tingkat ketuntasan 80,55%, angket siswa sebesar 91,23% (kategori sangat efektif), dan hasil uji-t menunjukkan signifikansi 0,002 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis Guided Note Taking dan hasil belajar siswa yang menggunakan buku teks. Dengan demikian, modul pembelajaran berbasis Guided Note Taking ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi kesebangunan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211041 JULIA ADIDEWI NURHIDAYAH |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 02:36 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 02:36 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
