PENGARUH KEGIATAN GELISSMAPA TERHADAP MINAT BACA LITERASI SISWA DI SMAN 4 KEDIRI

NURISTA INDAH PRATIWI, 126310212066 and NURUL SETYAWATI HANDAYANI, 2013099201 (2025) PENGARUH KEGIATAN GELISSMAPA TERHADAP MINAT BACA LITERASI SISWA DI SMAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kegiatan GELISSMAPA Terhadap Minat Baca Literasi Siswa di SMAN 4 Kediri” disusun oleh Nurista Indah Pratiwi, NIM. 126310212066, dengan bimbingan Nurul Setyawati Handayani, M.A. Kata kunci: Pengaruh, GELISSMAPA, Minat Baca Literasi, SMAN 4 Kediri. Penelitian ini berangkat dari pentingnya literasi sebagai keterampilan mendasar yang berperan besar dalam menunjang keberhasilan belajar siswa di era global. Namun, minat literasi peserta didik masih menghadapi berbagai hambatan sehingga dibutuhkan program yang mampu menumbuhkan budaya membaca. Oleh karena itu, Gerakan Literasi Sekolah SMAN 4 Kediri (GELISSMAPA) dijadikan fokus kajian untuk menilai sejauh mana pengaruhnya dalam memupuk ketertarikan siswa dalam berliterasi di lingkungan sekolah. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengukur pengaruh dari pelaksanaan kegiatan GELISSMAPA terhadap minat baca literasi siswa di SMAN 4 Kediri. Metode kuantitatif pendekatan korelasional menjadi alat untuk meneliti kasus ini dengan membutuhkan 80 responden yang telah dipilih dengan cara penghitungan sampel dengan rumus Slovin dan melalui teknik purposive sampling. Dari hasil pengujian penelitian ini memperlihatkan bahwa kegiatan GELISSMAPA berpengaruh signifikan terhadap minat baca literasi siswa. Hal ini ditunjukkan melalui nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,701, yang berarti program ini memberikan kontribusi 70,1%, sementara 29,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor eksternal di luar penelitian. Indikator pembiasaan dan rasa senang menjadi faktor paling dominan yang mendorong keterlibatan siswa, misalnya melalui program membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai, penulisan jurnal literasi, hingga penyelenggaraan festival literasi sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310212066 NURISTA INDAH PRATIWI
Date Deposited: 25 Nov 2025 03:56
Last Modified: 25 Nov 2025 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64339

Actions (login required)

View Item View Item