AMRI SATRIAWAN PRAKOSA, 126209211004 and NUR ISROATUL KHUSNA, 198703262019032018 (2025) DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP PERILAKU SOSIAL PADA SISWA MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (408kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Dampak Penggunaan Aplikasi Media Sosial WhatsApp Terhadap Perilaku Sosial Pada Siswa MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Amri Satriawan Prakosa, NIM. 126209211004, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Dr. Nur Isroatul Khusna. M.Pd. Kata Kunci : WhatsApp, pola penggunaan, perilaku sosial siswa, dampak positif dan negatif, peran guru dan orang tua Media sosial kini menjadi bagian penting dalam kehidupan remaja, termasuk siswa MTsN 5 Tulungagung. Salah satu aplikasi yang paling populer adalah WhatsApp, yang memungkinkan komunikasi cepat dan praktis. Namun, penggunaan WhatsApp juga membawa dampak terhadap perilaku sosial siswa, baik positif maupun negatif. Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan untuk memahami bagaimana pola penggunaan WhatsApp memengaruhi interaksi sosial siswa dan bagaimana peran guru serta orang tua dalam mengawasi dan membimbing penggunaan aplikasi tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pola penggunaan WhatsApp oleh siswa di sekolah dan di rumah ? (2) Apa saja dampak positif dan negatif WhatsApp terhadap perilaku sosial siswa ? (3) Bagaimana peran guru dan orang tua dalam membimbing penggunaan WhatsApp ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan siswa, guru, dan orang tua, serta studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk menggambarkan pola penggunaan, dampak, dan peran pembimbing dalam konteks sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp memudahkan komunikasi dan kolaborasi siswa, mendukung proses belajar, dan memperluas jaringan sosial mereka. Di sisi lain, penggunaan yang kurang terkontrol dapat mengurangi interaksi tatap muka, mengganggu konsentrasi belajar, dan menimbulkan konflik sosial ringan. Peran guru dan orang tua sangat penting dalam memberikan batasan waktu, mengawasi konten yang diakses, dan membimbing siswa agar memanfaatkan WhatsApp secara bijak. Penelitian ini menekankan pentingnya keseimbangan antara pemanfaatan media sosial dan pengembangan perilaku sosial siswa.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Media Sosial Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
| Depositing User: | 126209211004 AMRI SATRIAWAN PRAKOSA |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 04:02 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 04:02 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
