PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL DALAM PENCIPTAAN PUBLIC SPHERE: STUDI PADA KANAL DIGITAL RADAR MADIUN

ZULFA MULAZIMATUL FUADAH, 126304213202 and DIMAS PRAKOSO NUGROHO, 199009262019031017 (2025) PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL DALAM PENCIPTAAN PUBLIC SPHERE: STUDI PADA KANAL DIGITAL RADAR MADIUN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (722kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan platform digital dalam menciptakan ruang publik (public sphere) melalui kanal YouTube Jawa Pos Radar Madiun. Fokus penelitian diarahkan pada analisis konten program “Indeks Terkini” sebagai representasi praktik komunikasi digital media lokal. Teori ruang publik Jürgen Habermas dan teori media massa digunakan sebagai landasan konseptual untuk menilai sejauh mana kanal ini mampu membentuk ruang diskusi publik yang ideal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi terhadap 86 video yang diunggah pada periode Juni hingga Desember 2024. Analisis dilakukan dengan menggunakan indikator seperti penggunaan fitur interaktif YouTube, format penyampaian informasi, topik konten, moderasi komentar, respon kanal terhadap komentar, relevansi judul, bahasa, kualitas visual dan audio, isi komentar, jumlah dan pola komentar, serta persepsi dan keterlibatan emosional audiens terhadap Radar Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radar Madiun memiliki kredibilitas tinggi sebagai penyedia informasi lokal yang profesional, informatif, dan mampu menjangkau audiens yang luas. Namun, potensi ruang publik digital belum terwujud secara optimal. Kanal belum menunjukkan komunikasi dua arah secara aktif, tidak merespons komentar audiens, dan dalam beberapa konten politik, kolom komentar bahkan dinonaktifkan. Temuan ini menunjukkan bahwa keberadaan platform digital belum serta-merta menjamin terciptanya ruang publik yang partisipatif dan dialogis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Media Sosial
Penyiaran Islam
Penyiaran Islam > Televisi
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304213202 ZULFA MULAZIMATUL FUADAH
Date Deposited: 25 Nov 2025 07:06
Last Modified: 25 Nov 2025 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64368

Actions (login required)

View Item View Item