STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA PADA MUJIB KACA DAN ALUMINIUM JOMBANG

AHMAD HAFID FIRMANSYAH, 126405211023 and DENY YUDIANTORO, 198403052019031011 (2025) STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA PADA MUJIB KACA DAN ALUMINIUM JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Pada Mujib Kaca Dan Aluminium Jombang” di tulis oleh Ahmad Hafid Firmansyah, Nim 126405211023, Prodi Manajemen Bisnis Syariah, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Deny Yudiantoro, M.M Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Marketing Mix 7P, Strategi Pemasaran, Pendapatan Usaha, UMKM Penelitian ini dilatar belakangi dalam era persaingan bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk terus berinovasi dalam strategi pemasarannya agar dapat bertahan dan berkembang. Salah satu pendekatan yang digunakan secara luas adalah strategi bauran pemasaran atau marketing mix. Konsep bauran pemasaran telah berkembang dari 4P (Product, Price, Place, Promotion) menjadi 7P, dengan penambahan People, Process, dan Physical Evidence, untuk menjawab kompleksitas kebutuhan pasar. Mujib Kaca dan Aluminium merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa dan penjualan produk kaca serta aluminium untuk kebutuhan konstruksi dan renovasi bangunan. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini menghadapi tantangan dalam menjaga pertumbuhan pendapatan di tengah meningkatnya persaingan, perubahan preferensi konsumen, serta kebutuhan pelayanan yang semakin kompleks. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu a. Bagaimana strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) 7P yang di terapkan pada Mujib Kaca dan Aluminium. b. Bagaimana dampak penerapan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan pendapatan usaha penjualan produk Mujib Kaca dan Aluminium. c. Apa kendala dan solusi dalam penerapan strategi bauran pemasaran Marketing Mix 7P dalam meningkatkan pendapatan usaha Mujib Kaca dan Aluminium Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix 7P), yang terdiri dari produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence), dalam upaya meningkatkan pendapatan usaha pada Mujib Kaca dan Aluminium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi 7P secara terpadu memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan usaha. Faktor produk dan kualitas layanan menjadi elemen paling dominan, diikuti oleh strategi harga yang kompetitif dan promosi yang efektif melalui media sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi seluruh elemen bauran pemasaran dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan daya saing dan pendapatan usaha kecil menengah seperti Mujib Kaca dan Aluminium.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405211023 AHMAD HAFID FIRMANSYAH
Date Deposited: 02 Dec 2025 03:49
Last Modified: 02 Dec 2025 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64384

Actions (login required)

View Item View Item