PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI MENGGUNAKAN DATA DI MTsN 8 TULUNGAGGUNG

SILVANATUL HIKMAH, 126204213183 and SAMSUL BAKRI, 198609142020121006 (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI MENGGUNAKAN DATA DI MTsN 8 TULUNGAGGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (652kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (597kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Powerpoint Terhadap Motivasi Belajar siswa Materi Menggunakan Data di MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Silvanatul Hikmah, NIM 126204213183, pembimbing Samsul Bakri, M.Pd. Kata Kunci : Guided Discovery Learning, Powerpoint, Motivasi Belajar, Data Motivasi belajar berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran, karena menentukan usaha siswa dalam memahami materi. Motivasi dapat diartikan sebagai dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Siswa dengan motivasi tinggi cenderung memiliki pemahaman lebih baik dibandingkan siswa dengan motivasi rendah, sehingga diperlukan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Guided Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa menemukan konsep dan prinsip melalui eksplorasi serta pemecahan masalah. Dengan pendekatan ini, siswa lebih aktif dalam mencari informasi dan membangun pengetahuan baru. Untuk mendukung efektivitas pembelajaran, model ini diterapkan dengan berbantuan Powerpoint, yang menyajikan materi secara lebih menarik, dinamis, dan mudah dipahami. Dengan keterlibatan aktif dalam pembelajaran, siswa lebih terdorong untuk berpikir kritis dan sistematis, sehingga meningkatkan pemahaman konsep serta motivasi belajar mereka. Oleh karena itu, model pembelajaran Guided Discovery Learning diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan powerpoint terhadap motivasi belajar siswa materi menggunakan data di MTSN 8 Tulungagung dan (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan powerpoint terhadap motivasi belajar siswa materi menggunakan data di MTSN 8 Tulungagung. Adapun pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian metode eksperimental dengan desain quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTSN 8 Tulungagung . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning dan VII C sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data, yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran guided dicovery learning berbantuan powerpoint terhadap motivasi belajar siswa pada Materi Menggunakan Data di MTsN 8 Tulungagung. Dan (2) Besar pengaruh model pembelajaran guided dicovery learning berbantuan powerpoint terhadap motivasi belajar siswa pada Materi Menggunakan Data di MTsN 8 Tulungagung menggunakann perhitungan effect size pada uji t dengan rumus Cohen's adalah sebesar 1,84 dalam kategori tinggi

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213183 SILVANATUL HIKMAH
Date Deposited: 03 Dec 2025 08:34
Last Modified: 03 Dec 2025 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64518

Actions (login required)

View Item View Item