ANINDYA DIAH FATMASARI, 126204211008 and AMALIA ITSNA YUNITA, 1988061220252122017 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY TERHADAP SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI DATA DAN DIAGRAM KELAS VII MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (509kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (516kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Knisley terhadap Self-Efficacy dan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa pada Materi Data dan Diagram Kelas VII MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Anindya Diah Fatmasari, NIM. 126204211008, dengan pembimbing Amalia Itsna Yunita, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Knisley, Self-Efficacy, Hasil Belajar, Minat Belajar, Data Dan Diagram Penelitian ini dilatar belakangi oleh kualitas pendidikan sangat bergantung pada strategi pembelajaran. Dalam pembelajaran matematika, minat belajar siswa diduga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar. Proses belajar di MTsN 3 Tulungagung masih didominasi dengan metode ceramah yang dominan menghambat keterlibatan siswa, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan peran self-efficacy dan minat belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Self-efficacy siswa berperan penting dalam proses ini, karena keyakinan diri dapat mendorong keterlibatan dan pemahaman lebih baik terhadap materi. Model pembelajaran Knisley yang menekankan partisipasi aktif, diusulkan untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar siswa pada materi data dan diagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Knisley terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa baik secara parsial maupun simultan. Selain itu, juga untuk melihat peran minat belajar sebagai variabel kontrol dari pengaruh model pembelajaran Knisley terhadap self-efficacy dan hasil belajar secara simultan pada materi data dan diagram kelas VII MTsN 3 Tulungagung. Model pembelajaran Knisley yang berbasis konstruktivisme diyakini dapat meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman konsep siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Menggunakan jenis penelitian Quasi-Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Groups Design. Penelitian dilakukan di MTsN 3 Tulungagung. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII-A (kelas eksperimen) dan VII-D (kelas kontrol). Instrumen penelitian meliputi soal pre-test dan post-test untuk hasil belajar, serta angket untuk mengukur self-efficacy dan minat belajar siswa. Menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis yang meliputi uji N-Gain score, uji t-test (Independent Samples t-Test), MANOVA, dan MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Knisley berpengaruh signifikan terhadap peningkatan self-efficacy siswa (p < 0,001); (2) Model Knisley berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa (p = 0,005); (3) Model Knisley secara simultan berpengaruh terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa (p < 0,001); dan (4) Model Knisley secara simultan berpengaruh terhadap self-efficacy dan hasil belajar siswa dengan mempertimbangkan peran minat belajar sebagai variabel kontrol (p = 0,000).
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211008 ANINDYA DIAH FATMASARI |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 07:06 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 07:06 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
