IRNADA, 126204212119 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERNUANSA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI RELASI DAN FUNGSI TINGKAT SMP/MTS KELAS VIII MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (727kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (193kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Matematika Bernuansa Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Relasi dan Fungsi Tingkat SMP/MTS Kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar” ditulis oleh IRNADA, NIM 126204212119, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Hasil Belajar, Modul Matematika Nuansa Islam, Relasi dan Fungsi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidik yang hanya memanfaatkan buku paket sebagai acuan bahan ajar ketika kegiatan pembelajaran. Sedangkan bahan ajar yang digunakan masih memiliki sejumlah kekurangan, di antaranya adalah uraian materi yang bersifat umum dan tidak mendalam, serta minimnya penyajian contoh aplikatif yang relevan. Karena itu peserta didik tidak memahami materi secara utuh, maka minat pembelajaran siswa terhadap pembelajaran matematika menjadi berkurang. Di MTsN 1 Kota Blitar juga belum ada modul matematika yang mengintegrasi nilai – nilai Islam. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya salah satu media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah. Media yang dikembangkan adalah modul matematika bernuansa islam. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mengetahui pengembangan produk berupa modul matematika bernuansa Islam untuk meningkatkan hasil belajar materi relasi dan fungsi tingkat SMP/MTs kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar, (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efektifitas modul matematika bernuansa Islam untuk meningkatkan hasil belajar materi relasi dan fungsi tingkat SMP/MTs kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, Lembar observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B, VIII E & VIII K MTsN 1 Kota Blitar sebanyak 78 peserta didik. Teknik analisis data meliputi deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan modul matematika bernuansa islam menggunakan model ADDIE, dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) Kevalidan media pembelajaran diperoleh dari penilaian angket validasi ahli materi sebesar 89,5%, ahli media sebesar 92%, ahli keislaman sebesar 88%. Ketiga hasil tersebut masuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari hasil penilaian observasi guru sebesar 87,5%, dan peserta didik sebesar 100%, serta angket respon guru sebesar 89%, dan peserta didik sebesar 85%. Keempat hasil tersebut masuk dalam kriteria “Sangat Praktis”. Keefektifan media pembelajaran diperoleh dari hasil post test yang memperoleh nilai taraf signifikan 0,000164 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran modul matematika bernuansa islam dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Relasi dan Fungsi kelas VIII MTsN 1 Kota Blitar.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Matematika > Himpunan Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204212119 IRNADA |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 03:09 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 03:09 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
