AYLULITA YASMIN, 2814133023 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION SETTING MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (941kB) | Preview |
|
Text
Abstrak.pdf Download (439kB) |
||
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yasmin, Aylulita. NIM, 2814133023. 2017. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ngunut. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Realistic Mathematic Education, Think Pair Share, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak pembelajaran matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dengan pembelajaran konvensional, membuat siswa kurang aktif dan menjadikan hasil belajar siswa rendah. Seorang guru dituntut dapat memiliki keterampilan yang memadai dalam mengembangkan berbagai pendekatan dan setting yang efektif, kreatif dan menyenangkan. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menerapkan pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education setting model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui efektif tidaknya pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education setting model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan Mathematic Realistic Education setting model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, (3) mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education setting model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 44 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data dilalukan melalui oberservasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan kriteria efektivitas jika rata-rata nilai posttest siswa minimal mencapai KKM yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan pendekatan Realistic Mathematic Education setting model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif terhadap hasil dengan menggunakan uji one sampel t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,161 > 2,018 , (2) pembelajaran matematika dengan pendekatan Mathematic Realistic Education setting model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,167 > 1,988 , (3) besar efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan pendekatan Realistic Mathematic Education setting pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif terhadap hasil belajar adalah 0,9.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133023 AYLULITA YASMIN |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 02:51 |
Last Modified: | 14 Nov 2017 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6471 |
Actions (login required)
View Item |