ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

MIRZA A'IMMATUZ ZUHRIAH, 126201212170 and SAIFUL BAHRI, 197101052007011034 (2025) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Mirza A’immatuz Zuhriah, NIM. 126201212170. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: YouTube, motivasi belajar, Akidah Akhlak, media sosial, MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial YouTube terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media YouTube dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media YouTube. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala Likert sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik. Nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05 mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peserta Didik yang belajar menggunakan media YouTube menunjukkan peningkatan rata-rata motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan Peserta Didik yang tidak menggunakan media YouTube. Selain itu, dilakukan uji kelayakan angket untuk mengukur motivasi belajar Peserta Didik. Dari hasil uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment, seluruh butir pernyataan angket dinyatakan valid dengan nilai r_hitung > r_tabel. Instrumen tersebut layak digunakan untuk pengumpulan data utama penelitian. Temuan lain dari penelitian ini adalah respon positif Peserta Didik terhadap media YouTube sebagai media pembelajaran Akidah Akhlak. Sebagian besar Peserta Didik menyatakan bahwa konten YouTube yang interaktif dan menarik dapat meningkatkan minat, perhatian, dan motivasi belajar mereka. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa media YouTube dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212170 MIRZA A'IMMATUZ ZUHRIAH
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:23
Last Modified: 22 Dec 2025 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64744

Actions (login required)

View Item View Item