PENGALAMAN RELIGIUS SISWA KELAS XI MELALUI SHOLAT DHUHA DI MAN 1 TULUNGAGUNG

MUTHI’A ANJAR RIZQI, 126306213126 and DZINNUN HADI, 199201072023211017 (2025) PENGALAMAN RELIGIUS SISWA KELAS XI MELALUI SHOLAT DHUHA DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (410kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman religius siswa Kelas XI MAN 1 Tulungagung dalam menjalani doa Dhuha secara rutin. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif, penelitian ini menggali makna subjektif dan personal yang diperoleh siswa dari praktik ibadah tersebut. Teori pengalaman religius William James menjadi dasar konseptual dalam mengkaji empat dimensi utama pengalaman: inefabilitas, kualitas noetik, transiensi, dan pasivitas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap siswa yang aktif dalam kegiatan pemuda mushola, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik Braun & Clarke. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik rutin doa Dhuha memberikan dampak signifikan terhadap kesejahteraan psikologis dan spiritual siswa. Siswa mengalami ketenangan batin yang sulit diungkapkan, memperoleh wawasan hidup yang bermakna, merasakan efek jangka panjang dari ketenangan sesaat, serta merasa dipandu oleh kekuatan ilahi. Temuan ini mengindikasikan bahwa doa Dhuha bukan sekadar ritual, melainkan sarana pengembangan karakter, ketahanan pribadi, dan keseimbangan emosional yang relevan dalam pendidikan dan konseling Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306213126 MUTHI'A ANJAR RIZQI
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:43
Last Modified: 15 Dec 2025 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64992

Actions (login required)

View Item View Item