PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH SAK NGAJINE (SSN) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

ARUM YULIAN PUTRI, 126201212182 and INDAH KOMSIYAH, 197605182007012021 (2025) PENERAPAN PROGRAM SEKOLAH SAK NGAJINE (SSN) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (823kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Program Sekolak Sak Ngajine (SSN) untuk Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik di UPT SMP Negeri 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Arum Yulian Putri, NIM. 126201212182, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Sekolah Sak Ngajine, Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya degradasi moral peserta didik pada era sosial media saat ini sehingga memerlukan pendidikan karakter religius yang ditumbuhkan melalui penanaman ilmu agama. UPT SMPN 1 Srengat menerapkan program Sekolah Sak Ngajine (SSN) selain sebagai perwujudan program bupati, sekaligus memperkuat kegiatan mengaji di sekolah melalui materi keagamaan, antara lain materi Al-Qur`an, fikih, akidah, dan akhlak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan program Sekolah Sak Ngajine (SSN) pada materi Al-Qur`an, (2) penerapan program Sekolah Sak Ngajine (SSN) pada materi fikih, (3) penerapan program Sekolah Sak Ngajine (SSN) pada materi akidah dan akhlak untuk meningkatkan karakter religius peserta didik di UPT SMP Negeri 1 Srengat Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, guru pembina SSN, dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan model interaktif dari Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan materi Al-Qur`an pada program SSN di UPT SMPN 1 Srengat dilaksanakan melalui kegiatan membaca, menulis, dan menghafal ayat Al-Qur`an dengan benar, serta diintegrasikan pada pembiasaan, event, dan ekstrakurikuler. 2) Penerapan materi fikih pada program SSN di UPT SMPN 1 Srengat dilaksanakan melalui kitab Mabadi Fikih yang mencakup ibadah dasar, seperti salat, zakat, dan puasa. 3) Penerapan materi akidah dan akhlak yaitu melalui kitab Aqidatul Awwam dan kitab Mitro Sejati. Akidah memuat materi malaikatullah, kitabullah, nabi dan rasul Allah. Akhlak memuat materi adab kepada orang tua, guru, dan sebaya yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212182 ARUM YULIAN PUTRI
Date Deposited: 16 Dec 2025 05:58
Last Modified: 16 Dec 2025 05:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64994

Actions (login required)

View Item View Item