تطوير الوسائل التعليمية اللغة العربية على أساس رمز الاستجابة السريعة لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الواحد موجوكرطا

SALSABILA MARDHOTILLAH ROHMANA, 1880504230002 and TEGUH, 197003102001121002 and ANIN NURHAYATI, 197905112003122002 (2025) تطوير الوسائل التعليمية اللغة العربية على أساس رمز الاستجابة السريعة لترقية مهارة الاستماع لطلاب الفصل السابع في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية الواحد موجوكرطا. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan model pembelajaran bahasa arab berbasis QR Code untuk meningkatkan ketrampilan mendengar siswa kelas 7 di Madrasah TSnawiyyah Negeri 1 Mojokerto. Tahun ajaran 2025/2026 ditulis oleh Salsabila Mardhotillah Rohmana, NIM 1880504230002, Jurusan : Pendidikan Bahasa Arab, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H, Teguh, M.Ag sebagai pembimbing 1 Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd sebagai pembimbing 2 Kata Kunci : Pengembangan model pembelajaran, Berbasis QR Code, Ketrampilan mendengar Latar belakang penelitian : Kemampuan guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, efektif, dan menyenangkan merupakan salah satu bagian dari kompetensi profesionalisme pendidik. Pemanfaatan media berbasis QR Code dalam proses belajar mengajar merupakan pilihan utama bagi guru pada zaman sekarang untuk membangkitkan minat, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Hal ini sesuaai dengan teori Burner dan Edgar Dale yang menyatakan bahwa pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasi QR Code yang lebih interaktif akan mengingatkan semangat belajar sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materi pembelajaran. Rumusan Masalah : (1) Bagaimana keadaan siswa kelas 7 sebelum menggunakan media pembelajaran bahasa arab berbasis QR Code untuk meningkatkan ketrampilan mendengar siswa kelas 7 MTsN 1 Mojokerto? (2) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis QR Code untuk meningkatkan ketrampilan mendengar siswa kelas 7 MTsN 1 Mojokerto? (3) Apa saja tanggapan validator tentang pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis QR Code untuk meningkatkan ketrampilan mendengar siswa kelas 7 MTsN 1 Mojokerto?(4) Seberapakah efektivitas pengembangan media pembelajaran bahasa arab berbasis QR Code untuk meningkatkan ketrampilan mendengar siswa kelas 7 MTsN 1 Mojokerto? Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RND. Penelitian ini termasuk penelitian dengan menggunakan model ADDIE. Yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil Penelitian : Hasil dari penelitian pada ketrampilan mendengar pokok bahasan alamat menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan mendengar siswa. kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa arab dalam maharah istima yaitu guru cenderung mengalami kesulitan dalam mendesain media video pembelajaran karena membutuhkan kreativitas untuk menyajikan video baik intra maupun inter mata pelajaran dalam satu tema yang terjalin tanpa ada tujuan yang jelas. Kendala lain yang sering terjadi dan tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran bahasa arab yaitu penggunaan aktivitas audio dalam pembelajaran masih kurang. Pengembangan pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang didesain secara tematik diperlukan untuk mengatasi kesulitan guru dalam menyajikan beberapa mata pelajaran dalam satu tema mendengar. melalui media yang telah disiapkan diharapkan guru mampu membuat alur kegiatan secara terpadu dalam kegiatan pembelajaran. Dan proses pengembangan media berbasis QR Code dengan cara Analisis kebutuhan dan analisis tugas, design dengan merancang produk, development yaitu realisasi rancangan produk dan validasi ahli, implementation dengan cara menerapkan produk yang telah dikembangkan pada situasi nyata, evaluate melakukan evaluasi pada media dan evaluasi hasil belajar. Secara umum tingkat validitas dari media yang telah dikembangkan memenuhi kriteri valid sehingga dapat ditingkatkan kedalam uji selanjutnya seperti uji kepraktisan dan keefektifan produk. Terlihat hasil pada pre test, kemampuan ketrampilan mendengar siswa dikategorikan sangat rendah (91,56). Setelah pengembangan model pembelajaran berbasis QR Code diterapkan pada post test kemampuan ketrampilan mendengar siswa meningkat (94,97) dengan kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa, pengembangan model pembelajaran berbasis QR Code dapat meningkatkan ketrampilan mendengar siswa pada pembelajaran bahasa arab di kelas 7 MTsN 1 Mojokerto.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 1880504230002 SALSABILA MARDHOTILLAH ROHMANA
Date Deposited: 15 Dec 2025 08:08
Last Modified: 15 Dec 2025 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64997

Actions (login required)

View Item View Item