CHOIRUL ANWAR, 12201193157 and MUH. NURUL HUDA, 197404082007011003 (2025) ANALISIS HASIL KONSENTRASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 2 MOJO KEDIRI MENGGUNAKAN ASESMEN DIAGNOSTIK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (747kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (600kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (629kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Hasil Konsentrasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di SMPN 2 Mojo Kediri Menggunakan Asesmen Diagnostik” ini ditulis oleh Choirul Anwar, NIM. 12201193157. Dengan pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: asesmen diagnostik, pembelajaran berdiferensiasi, konsentrasi belajar, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum nasional melalui kurikulum merdeka yang menekakan pentingnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta penggunaan asassmen diagnostik sebagai dasar perencanaan pembelajaran. Namun, dalam praktiknya, banyka siswa mengalami kesulitan menjaga konsentrasi belajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menuntut pemahaman konseptual sekaligus penghayatan nilai-nilai spiritual. Kondisi ini menimbulkan kebutuhan akan strategi pembelajaran yang mampu menjaga fokus siswa sekaligus meningkatkan prestasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan asesmen diagnostik serta strategi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 2 Mojo Kediri, khususnya dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket kepada 35 siswa. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen diagnostik di SMPN 2 Mojo Kediri telah dilaksanakan melalui tes tulis, wawancara, dan observasi, serta berfungsi sebagai dasar bagi guru dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi. Data angket mengungkap bahwa siswa memiliki minat dan sikap positif terhadap PAI, serta menunjukkan keterampilan psikomotorik yang baik, meskipun masih terdapat kelemahan pada aspek kognitif, terutama kebiasaan membaca mandiri dan kemampuan menjelaskan ulang materi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan guru melalui variasi konten, proses, dan produk, seperti membaca mandiri, diskusi kelompok, presentasi, mind mapping, dan penggunaan media digital. Strategi ini terbukti efektif dalam menjaga konsentrasi, meningkatkan partisipasi, serta menumbuhkan kemandirian belajar siswa sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 12201193157 CHOIRUL ANWAR |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:01 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:01 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
