BELA NOFITASARI, 126210212101 and RAHMAWATI MULYANINGTYAS, 198906122020122012 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BERBENTUK LEAFLET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT BAGI SISWA KELAS X MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (628kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (452kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (178kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Berbentuk Leaflet dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Bagi Siswa Kelas X MAN 1 Blitar” ditulis oleh Bela Nofitasari, NIM 126210212101, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ibu Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, menulis anekdot, leaflet Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia menulis teks anekdot kelas X di MAN 1 Blitar, guru masih menggunakan media konvensional serperti papan tulis. Hal menyebabkan siswa bosan dan merasa kurang termotivasi untuk belajar sehingga siswa kesulitan dalam menulis teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media berbentuk leaflet pada pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X MAN 1 Blitar, dan (2) mengetahui kelayakan berbentuk leaflet pada pembelajaran menulis teks anekdot. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga prosedur pengembangan, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-F di MAN 1 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur dan kuesioner sebagai data primer yang diperoleh dari guru dan siswa untuk mengetahui kebutuhan serta respon terhadap media yang telah dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh (1) media berbentuk leaflet pada pembelajaran menulis teks anekdot telah dikembangkan dengan model Hannafin dan Peck. (2) Uji kelayakan dilakukan oleh validator ahli media dan validator ahli materi, dengan dua kali uji kelayakan. Skor akhir yang diperoleh yaitu 100% oleh validator media, dan 96,6% oleh validator materi. Skor penilaian oleh guru/praktisi yaitu 96%. Berdasarkan hasil perolehan tersebut media berbentuk leaflet pada pembelajaran menulis teks anekdot dinyatakan sangat layak diimplementasikan pada pembelajaran.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | 126210212101 BELA NOFITASARI |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 01:12 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 01:12 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
