PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA (Studi Kasus di SMPN 1 Ngunut Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII)

NAILIL MUNA RAHMATIKA, 126201213259 and AHMAD FAHRUDIN, 198902102019031022 (2025) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA (Studi Kasus di SMPN 1 Ngunut Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (613kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa (Studi Kasus di SMPN 1 Ngunut Mata Pelajaran PAI Kelas VII)” ini ditulis oleh Nailil Muna Rahmatika, 126201213259, dengan pembimbing Dr. Ahmad Fahrudin, M.Pd.I Kata Kunci: Discovery Learning, Keaktifan Siswa, Pendidikan Agama Islam. Konteks penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang ditunjukkan dengan minimnya keterlibatan fisik, mental, dan emosional siswa selama pelajaran berlangsung. Pra-survei di SMPN 1 Ngunut menunjukkan tingkat keaktifan siswa masih rendah, hanya 11%–14% yang terlibat aktif dalam pembelajaran. Kondisi ini mendorong perlunya penerapan metode yang tepat, salah satunya discovery learning, yang dapat melatih berpikir kritis, memecahkan masalah, dan meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Discovery Learning dalam meningkatkan keaktifan siswa secara fisik, mental, dan emosional kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya waka kurikulum, guru PAI kelas VII, dan 10 siswa kelas VII. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Discovery Learning mampu meningkatkan keaktifan siswa secara menyeluruh. 1) Penerapan discovery learning efektif meningkatkan keaktifan fisik siswa melalui praktik ibadah, hafalan doa, dan peta konsep, dengan guru sebagai fasilitator. 2) Keaktifan mental siswa meningkat, terlihat dari kemampuan berpikir kritis, mencari informasi mandiri, dan menyusun kesimpulan melalui diskusi dan analisis. 3) Keaktifan emosional siswa juga meningkat, ditandai antusiasme, empati, dan kesadaran religius melalui pembelajaran yang menghubungkan materi dengan pengalaman nyata. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih kreatif dalam mengelola metode pembelajaran, khususnya Discovery Learning, guna menciptakan suasana kelas yang aktif, partisipatif, dan bermakna.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201213259 NAILIL MUNA RAHMATIKA
Date Deposited: 17 Dec 2025 05:01
Last Modified: 17 Dec 2025 05:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65151

Actions (login required)

View Item View Item