STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN PRODUCT MARKET FIT LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus di PP. Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan PP. Induk Tebuireng Jombang)

MUHAMMAD YUSRI, 1880501220019 (2024) STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN PRODUCT MARKET FIT LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multisitus di PP. Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan PP. Induk Tebuireng Jombang). [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Yusri, 2024. Strategi Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Product Market Fit (PMF) Lembaga Pendidikan Islam (Studi Multisitus di PP. Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan PP. Induk Tebuireng Jombang). Tesis Pascasarjana Program Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Keunggulan Bersaing, Product Market Fit, Lembaga Pendidikan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan yang serba kompetitif sekarang, bukan hanya lembaga korporasi saja yang berkembang dan bersaing, tetapi institusi publik pun kini mulai berkembang dan bersaing dalam meningkatkan pelayanan mereka. Lembaga pendidikan Islam pada hakikatnya bertujuan untuk memberikan layanan dan pihak yang dilayani ingin memperoleh kepuasan. Dunia bisnis pemasaran dalam lembaga pendidikan Islam memiliki peran yang sangat penting utnuk lebih mengenalkan lembaganya kepada masyarakat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Menemukan dan menyusun proposisi strategi mempertahankan konsumen dalam meningkatkan product market fit?; (2) Menemukan dan menyusun proposisi strategi meningkatkan loyalitas konsumen dalam memperoleh product market fit?; (3) Menemukan dan menyusun proposisi strategi pengembangan kualitas teknologi layanan dalam meningkatkan product market fit?; dan (4) Menemukan dan menyusun proposisi tindakan perbaikan dalam meningkatkan product market fit?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi situs dengan rancangan multisitus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah PP. Bumi Damai Al-Muhibbin Tambakberas dan PP. Induk Tebuireng Jombang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui situs tunggal maupun lintas situs dengan teknik kondensasi data, panyajian data dan penarikan kesimpulan. Semua data itu diuji keabsahannya melalui uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependebilitas dan uji komfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi mempertahankan konsumen dalam meningkatkan product market fit dengan menentukan visi misi lembaga dan bentuk komitmen dari seluruh elemen lembaga. (2) Strategi meningkatkan loyalitas konsumen dalam memperoleh product market fit dilakukan dengan pelayanan yang baik dan transaksi yang mudah memberikan sebuah kenayamanan bagi konsumen ketika telah bergabung dengan lembaga. (3) Strategi pengembangan kualitas teknologi layanan dalam meningkatkan product market fit yakni dengan melakukan pembaharuan dalam pembayaran bulanan santri serta meningkatkan fasilitas teknologi sebagai fasilitas penunjang belajar santri. (4) Strategi tindakan perbaikan dalam meningkatkan product market fit dilakukan melalui rapat rutin secara berkala setiap bulan, semester, dan akhir tahun.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220019 MUHAMMAD YUSRI
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:18
Last Modified: 18 Dec 2025 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65156

Actions (login required)

View Item View Item